Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, dinihari tadi menguburkan jenazah Ny S (51), di TPU Sariloyo Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Semalam dan dinihari tadi, Tim Covid Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi tiga jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Pemakaman dilakukan di tiga lokasi terpisah, yakni di wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Wonogiri Kota, dengan melibatkan para relawan desa, MDMC, MTA dan KRI.

Dengan adanya penambahan lagi pemakaman sebanyak tiga jenazah tersebut, setidak-tidaknya ini menjadi penguburan jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 yang ke 71 kalinya, dalam tempo 92 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Rabu (16/12), menyatakan, pemakaman yang dilakukan di Kecamatan Ngadirojo, adalah jenazah Nenek berinisial J (78) warga Dusun Dokeso, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Prosesi penguburan jenazah Ny S (63), warga Dusun Ngledok, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, dinihari tadi dilaksanakan di TPU Desa Pule.

RSUD Wonogiri
Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya, dilakukan di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri, tempat dimana yang bersangkutan menjalani perawatan. Kemudian prosesi penguburannya berlangsung Selasa petang (15/12), di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Karang Kidul, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Penguburannya dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, terdiri atas personel dari BPBD dan anggota Polres Wonogiri, bersama para relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri, relawan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center ) Wonogiri, relawan Search And Rescue (SAR) Wonogiri dan relawan dari Komunitas Relawan Independen (KRI) Wonogiri.

Selanjutnya pemakaman di Kecamatan Selogiri, dilaksanakan Rabu dinihari (16/12) tadi, mulai Pukul 00.04 sampai dengan Pukul 01.20. Yang dikuburkan adalah jenazah seorang perempuan berinisial Ny S (63), warga Dusun Ngledok, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, menguburkan jenazah Nenek J (78) warga Dusun Dokeso, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

RSU Dokter Oen
Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, pemulasaraan jenazah Ny S dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Dokter Oen Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, tempat dimana yang bersangkutan menjalani opname.

Selanjutnya, prosesi penguburannya dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, dengan melibatkan prajurit TNI dari Koramil Selogiri Kodim 0728, bersama para relawan dari MDMC Kabupaten Wonogiri, Relawan Desa Pule dan Relawan Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Berikut yang dimakamkan di Kecamatan Wonogiri Kota, Rabu dinihari tadi (16/12) tadi, adalah jenazah seorang wanita Ny S (51), penduduk Lingkungan Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Pemulasaraan jenazahnya, dilakukan oleh pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, tempat dia menjalani opname.

Sebanyak 90 Mayat
Kemudian prosesi penguburannya berlangsung mulai Pukul 00.45 sampai dengan Pukul 01.15, di TPU Sariloyo, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Personel yang menguburkan, terdiri atas aparat dari BPBD Kabupaten Wonogiri bersama tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wonogiri 1, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, Relawan dari PMI Wonogiri, Relawan dari Majelis Tafsir Alqur’an (MTA) dan Relawan dari SAR Wonogiri.

Menandai berakhirnya prosesi penguburan jenazah secara Prokes, para personel Satgas Tim Covid Wonogiri melakukan ritual doa bersama.

Terhitung sampai dengan Rabu (16/12), total pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri, setidak-tidaknya tercatat sebanyak 90 mayat. Perinciannya, pada Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah.

Selanjutnya pada Bulan September 2020 memakamkan sebanyak 15 jenazah, Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember 2020 sebanyak 29 jenazah. Di Bulan Desember 2020 ini, sebanyak 17 jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli 2020, memakamkan masing-masing satu jenazah.

Bambang Pur