Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto bersama istri, saat mencoblos di TPS 03, di Kampung Bogorame, untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada 2020. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto bersama istri Eni Joko Sutanto, mendatangi TPS 03 di Kampung Bogorame, Desa Mangunjiwan, sambil berjalan kaki, untuk memberikan hak pilihnya pada gelaran Pilkada serentak, Rabu (9/12/2020).

Petugas TPS pun terlihat memberlakukan protokol kesehatan kepada semua undagan yang hadir dalam pencoblosan surat suara ini. Termasuk Wabup, sebelum memasuki TPS dipersilakan mencuci tangan di tempat yang disediakan, serta memeriksa suhu tubuh dengan thermogun.

Seusai memberikan hak suaranya, Wabup berharap agar warga Kabupaten Demak yang sudah berhak memilih dan terdaftar pada DPT, untuk mendatangi TPS dan memberikan hak suaranya.

BACA JUGA : Hendi Nyoblos di Lempongsari, Ita di Bukitsari

”Sebagai warga negara yang baik dan peduli terhadap daerah, mestinya warga datang ke TPS untuk memilih pemimpin daerahnya, sesuai hati nurani,” Kata wabup.

Dia juga menginginkan, pelaksanasn Pilkada di tengah pandemi covid-19 ini, dapat berjalan sukses dan aman, hingga perhitungan suara nantinya.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Demak menggelar Pilkada serentak bersama 20 daerah lainnya di Jawa Tengah, pada masa pandemi ini.

Ada pun peserta Pilkada Kabupaten Demak diikuti dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati. Sesuai nomor urut, pasangan 1 Eistianah-Ali Makhsun dan nomor urut 2 Mugiyono-M Badrudin.

Petugas KPPS memberlakukan protokol kesehatan kepada pemilih, untuk menggunaka handsanitizer dan sarung tangan plastik, untuk mencegah penularan covid-19 pada klaster TPS. Foto: rudy

Lima Shift
Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Kabupaten Demak, Hastin Atas Asih menyampaikan, sejauh ini seluruh tahapan Pilkada di Demak kondusif dan aman.

”Seluruh tahapan Pilkada telah berjalan dengan baik dan aman, termasuk proses pendistribusian logistik Pilkada. Untuk jumlah TPS keseluruhan di Kabupaten Demak ada 2.206 TPS, dengan petugas KPPS sebanyak 15.442 orang. Jumlah pemilih yang ada pada DPT sebanyak 852.886 pemilih,” jelas Hastin.

Dia berharap, Pilkada di tengah pandemi covid-19 ini, tidak menyurutkan antusias warga untuk memilih calon pemimpin daerahnya. Sebab setiap TPS sudah diberlakukan protokol kesehatan ketat.

Terpisah, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 01 Kelurahan Bintoro, Awaludin Jamil menyebutkan, untuk TPS-nya daftar pemilih tetap berjumlah 397 orang. Untuk menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan, pihaknya membagi menjadi lima shift pencoblosan.

”Sesuai dengan arahan KPU untuk menerapkan protokol kesehatan, kami bagi undangan pemilih menjadi lima shift bergantian, setiap satu jamnya.
Sedangkan pemungutan suara di setiap TPS dimulai pukul 07.00 WIB, dan berakhir pukul 13.00 WIB, dengan jumlah petugas TPS atau KPPS sebanyak tujuh orang dan dua orang keamanan TPS,” tandas dia.

Rudy-Riyan