blank
Penyerahan Mesin Rolls Bending oleh Tim PKM Universitas Muhammadiyah Magelang kepada Mitra PKM didampingi Kasi Agro Industri Perindag Kabupaten Temanggung. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada industri kerajinan masyarakat (IKM) Bina Usaha di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung,  Kabupaten Temanggung, belum lama ini.

Kegiatan itu melalui Program Hibah Pengabdian dari Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional pendanaan tahun 2020.

Tim dosen Fakultas Teknik Unimma yang diketuai oleh Saifudin ST MEng dengan anggota R Arri Widyanto SKom MT itu melakukan pengembangan peralatan produksi pada IKM Bina Usaha yang bergerak di bidang industri logam. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, jelas Saifudin ST MEng, adalah pelatihan desain, pemilihan material mekanik dan elektrik, serta pelatihan proses produksi pembuatan mesin rolls bending otomatis.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu dimaksudkan agar IKM mitra dapat meningkatkan kapasitas produksinya dan menjaga kualitas hasil produksinya. Dengan mesin rolls bending otomatis itu maka waktu produksi akan menjadi lebih hemat dan kualitas hasil produksinya bisa seragam karena tidak lagi tergantung dari skill pekerja.

Urgensi dari kegiatan pengabdian masyarakat itu, jelasnya, adalah sebagai upaya solutif atas kendala yang dihadapi mitra dalam hal keterbatasan kemampuan alat rolls yang selama ini dimiliki oleh mitra. Alat rolls sebelumnya hanya mampu untuk mengerjakan plat dengan lebar dan ketebalan  terbatas.

Program pengabdian masyarakat itu selain merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sivitas akademika Unimma, juga memiliki nilai strategis kepada mitra dalam aspek penguatan kapasitas IKM. “Serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan IKM,” tuturnya hari ini.

Eko Priyono-trs