blank
Jumat (2/10), dimakamkan lagi jenazah secara Prokes Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Yakni di TPU Keplekan, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jumat (2/10) hari ini, di Wonogiri dimakamkan lagi jenazah pasien rumah sakit yang dilakukan secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Ini menjadi pemakaman secara Prokes Covid-19 yang ke 16, dalam tempo 21 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Yang bersangkutan adalah jenazah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, yang memiliki identitas Ny M (60). Dia adalah wanita warga Dusun Keplekan, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, pemulasaraan jenasah (pangrukti layon) dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonoiri. Kemudian prosesi pemakamannya dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri, dibantu relawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Girimarto.

blank
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi jenazah pasien dari rumah sakit, yang dilakukan secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

TPU Keplekan
Pemakamannya dilakukan secara protokol kesehatan Covid-19 mulai Pukul 10.18 sampai dengan Pukul 10.50. Bertempat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Keplekan, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto (sekitar 35 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, tim yang melakukan pemakaman terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI-AD Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Search And Rescue (SAR) Wonogiri dan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri.

blank
Prosesi pemakaman jenazah pasien rumah sakit dilakukan secara Prokes Covid-19. Menyertakan pula personel yang bertugas menyemprotkan disinfektan di lokasi penguburan.

Ikut menyaksikan pemakaman, Camat bersama Forkompimcam Girimarto, tenaga kesehatan (Nakdes) dari Puskesmas Girimarto, aparat Pemerintah Desa (Pemdes) Selorejo, dan keluarga almarhumah.

Sementara itu, data terkini yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri ada sebanyak 257 orang. Perinciannya, sebanyak 15 dirawat di rumah sakit, 8 menjalani isolasi mandiri, 219 sembuh dan 15 meninggal. Yang suspect ada sebanyak 97 orang, terdiri atas 2 di rumah sakit, 80 sembuh dan 15 meninggal.

Bambang Pur