blank
Rohmadi, warga Karanganyar Kebumen, yang tertib memakai masker menerima uang saku dari Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kaget bercampur gembira terpancar dari wajah para pengendara sepeda motor saat Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melakukan sidak dompet pada mereka yang tertib protokol kesehatan, Rabu (30/9).

Para pengendara yang tertib bermasker dan kedapatan tidak memiliki uang di dompetnya, langsung diisi oleh Kapolres Kebumen pecahan ratusan ribu dan lima puluh ribuan. Menurut Kapolres, apa yang dilakukan sebagai  bentuk reward kepada masyarakat yang telah patuh terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi rangsangan positif kepada masyarakat untuk selalu mengenakan masker,”jelas AKBP Rudy Cahya didampingi Wakapolres Kompol Subagyo dan pejabat utama Polres.

blank
Seorang ibu yang tertib memakai masker saat Operasi Yustisi diberi sayuran oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan.(Foto:SB/Ist)

Operasi Yustisi yang digelar di kawasan Alun-alun Kebumen dan depan Gedung DPRD itu menertibkan para pengendara yang tak bermasker dan bergerombol.

“Alhamdulillah Pak, saya pas nggak bawa uang. Dompet kosong, cuma ada surat-surat. Malah dikasih uang sama Pak Kapolres. Saya kalau ke mana-mana selalu mengenakan masker. Ternyata ada hikmahnya,”ucap Rohmadi pengendara sepeda motor warga Karanganyar Kebumen.

Wedang Jahe

Kapolres Kebumen juga membagikan sayur kepada ibu-ibu yang tertib bermasker. Kepada bapak-bapak yang tertib juga diberikan wedang jahe, dan kembang tahu. Namun mereka yang berhak menerima  adalah para pengguna jalan yang tertib protokol kesehatan mengenakan masker.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberi sosialisasi protokol kesehatan kepada pengenda sepeda motor.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin jalannya Operasi Yustisi penertiban protokol kesehatan, penerapan adaptasi kebiasaan baru di kawasan alun-alun Kebumen tepatnya di depan Gedung DPRD Kebumen.

Semua pengguna jalan dari arah barat dihentikan dan dicek penggunaan maskernya.”Yang tertib dapat reward. Yang melanggar kita berikan sanksi sosial,”jelas Kapolres peraih penghargaan dari PWI Jateng itu didampingi Wakapolres Kompol Subagyo dan penjabat utama Polres.

Menurut AKBP Rudy Cahya , sayur bagus jika dikonsumsi, serta apat meningkatkan imun tubuh. Begitu juga wedang jahe, kembang tahu serta jamu.Makanan dan minuman itu dipercaya mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

“Jadi, nanti sayur bisa dibawa pulang terus di masak. Jamu maupun wedang jahe atau kembang tahu bisa langsung dikonsumsi, bagus untuk kesehatan,” ungkap AKBP Rudy Cahya.

Para pengguna jalan menyambut baik kegiatan Polres Kebumen itu. Ratna, salah satu pengguna jalan yang semula akan pergi ke pasar untuk membeli sayur malah mendapatkan dua paket sayur bening.”Ini juga niatnya mau ke pasar beli sayur, malah sudah dikasih sama Pak Polisi. Terimakasih banyak Pak. Yang sering ya Pak,”tukas warga Kauman Kebumen itu dengan senyum sumringah.

Komper Wardopo