blank
Fitur Gojek Shield berisi biometrik, yang bisa untuk sidik jari dan verifikasi wajah, guna memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek. Foto: hery priyono

JAKARTA (SUARABARU.ID)– GoPay, layanan uang elektronik dari super-app Gojek, terus menunjang keamanan pengguna dalam bertransaksi non-tunai sehari-hari.

Salah satunya mengajak pengguna mengaktifkan fitur biometrik, berupa sidik jari dan verifikasi wajah, guna memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek. Fitur ini sendiri adalah bagian dari Gojek Shield, rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek yang canggih dan komprehensif, dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Saat ini, fitur sidik jari telah tersedia di seluruh pengguna smartphone Android serta iOS. Dan fitur verifikasi wajah mulai tersedia di platform iOS.

BACA JUGA : Pertamina Bantu UMKM Berkembang Melalui Program Kemitraan

Budi Gandasoebrata selaku Managing Director GoPay menjelaskan, bagaimana pengguna dapat memanfaatkan kecanggihan Gojek Shield untuk mengamankan setiap transaksi GoPay.

”GoPay berkomitmen terus menjadi layanan uang elektronik yang aman dan nyaman untuk pengguna. Selain PIN, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur yang memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologis unik masing-masing pengguna, berupa sidik jari atau wajah, untuk meningkatkan keamanan transaksi,” kata Budi, Rabu (9/9/2020).

Dia juga memaparkan, perlindungan transaksi GoPay semakin lengkap dengan proteksi ekstra berupa Jaminan Saldo GoPay Kembali, yang menjamin kehilangan saldo GoPay yang terjadi di luar kendali pengguna.

Komitmen Gojek
”Kami berharap seluruh pengguna akan memanfaatkan seluruh fitur keamanan ini, agar dapat bertransaksi dengan GoPay secara lebih maksimal,” imbuhnya.

Budi menambahkan, Gojek kini telah meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek, yang terus mengimbau publik untuk menjaga keamanan selama beraktivitas di jagat digital, termasuk dalam transaksi non-tunai.

Inisiatif #AmanBersamaGojek terdiri dari program edukasi yang didukung dengan inovasi produk. Kemudian ada pula program proteksi bagi pengguna dan mitra pengemudi, serta pengembangan teknologi Gojek Shield, yang merupakan komitmen Gojek sebagai platform digital yang paling aman.

Selain fitur biometrik dan PIN, Gojek Shield juga mencakup berbagai teknologi, yang menjaga keamanan pada platform Gojek, termasuk salah satunya penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan, untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Hery Priyono-Riyan