blank
Pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru Foto: Antara

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Pengamat Pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan, promosi minuman dawet ayu khas Banjarnegara perlu terus digencarkan agar makin dikenal masyarakat.

“Pemerintah daerah Banjarnegara perlu terus mempromosikan minumat dawet ayu secara masif, utamanya melalui media sosial. Mengingat, penikmat kuliner saat ini didominasi generasi milenial yang akrab dengan media sosial,” kata Chusmeru, Kamis (13/8/2020).

Terlebih, saat ini minuman khas wilayah Banjarnegara itu masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

BACA JUGA: Minuman Dawet Ayu Masuk Nominasi API 2020

“Karenanya upaya promosi secara masif perlu dilakukan agar dawet ayu makin dikenal dan sekaligus bisa memenangi ajang tersebut,” terangnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga perlu melakukan gerakan menyajikan dan mengonsumsi dawet ayu dalam setiap perhelatan masyarakat, kegiatan instansi pemerintah serta komponen pariwisata.

“Dawet ayu bisa dijadikan menu yang selalu disuguhkan di setiap resepsi yang diadakan masyarakat, di hotel, restoran, mapun objek wisata,” tambahnya.

Selain itu, perlu dilakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada para pedagang dawet ayu agar menjaga minuman tradisional itu dari sisi rasa sampai kebersihan.

Menurutnya, perlu juga dilakukan festival dawet ayu sebagai upaya promosi wisata dan pelestarian kuliner daerah. Sekaligus sebagai ajang kalender wisata Banjarnegara.

“Banyak kuliner daerah yang tidak lagi dikenal oleh masyarakatnya, karena kalah bersaing dengan kuliner kontemporer. Dengan adanya festival dawet ayu, menurut dia, masyarakat akan terpacu untuk tetap memproduksi, menjual, dan menikmati minuman khas daerahnya,” tuturnya,

Sebelumnya, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menginformasikan bahwa dawet ayu masuk nominasi API tahun 2020.

“Dawet Ayu Banjarnegara masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 untuk kategori minuman tradisional populer, kami sangat menyambut baik hal ini,” kata Budhi.

Untuk itu bupati mengajak masyarakat mendukung dawet ayu menjadi minuman tradisional terpopuler API 2020 dengan cara mengirimkan SMS ketik API spasi 2F kirim ke 99386 yang dapat dilkukan mulai 1 Agustus 2020 hingga 31 Desember 2020.

“Dawet ayu pada usianya yang cukup matang terpilih menjadi nominasi API 2020 maka mari bersama-sama memberikan dukungan,” pungkasnya.

Ant/Naf