blank
Para apoteker baru lulusan Farmasi Unwahas, mengucapkan sumpah di depan rohaniawan, dalam upacara pelantikan di Kampus I Sampangan, Semarang, belum lama ini. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 83 orang Apoteker baru lulusan Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, mengikuti upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Apoteker Angkatan XV, di Kampus I, Sampangan, Semarang, baru-baru ini

Pengucapan lafal sumpah dipimpin apt Bambang Triwara Sp FRS sebagai perwakilan dari Komite Farmasi Nasional, disaksikan rohaniawan dari agama Islam dan Kristen. Hadir pula perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia apt Firwan Firdaus MKes dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Semarang Rahmah Nurhayati MKes.

Prosesi pelantikan dilaksanakan berdasarkan pedoman acara dari Komite Farmasi Nasional (KFN) dengan protokol kesehatan di era normal baru.

BACA JUGA : Asops Kasad Kunjungi Mako Yonif Raiders 400/BR

Ketua Program Studi Profesi Apoteker Unwahas, apt Risha Fillah Fithria menjelaskan, lulusan baru sebanyak 83 apoteker ini, telah berhasil memenuhi semua persyaratan kelulusan pada tingkat program studi dan tingkat Nasional, berdasarkan Peraturan Kemenristekdikti No 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi tingkat Profesi, dan juga telah dinyatakan lulus.

”Terpilih sebaagai lulusan terbaik Anis Fauziah yang menempuh sarjana lanjut profesi apoteker di Farmasi Unwahas,” katanya.

Dekan Fakultas Farmasi Unwahas apt Aqnes Budiarti MSc menyatakan, seluruh sivitas akademika sangat bersyukur, karena pelantikan ini sempat tertunda empat bulan sejak awal pandemi. Dengan pengucapan sumpah apoteker ini, maka lulusan telah dinyatakan legal untuk berpraktik.

blank
Para apoteker mengikuti upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Apoteker Angkatan XV. Foto: dok/ist

Karier Luas
Menurutnya, apoteker merupakan profesi yang memiliki peluang karier luas dan masih prospektif di Indonesia. Profesi ini tercantum dalam Program Indonesia Sehat 2025 sebagai tenaga kesehatan unggulan di Indonesia.

”Seorang apoteker dapat memilih berkarier di bidang pelayanan kefarmasian, distribusi obat dan alat kesehatan maupun di industri pembuatan obat, bahan obat, jamu dan kosmetik,” imbuhnya.

Rektor Universitas Wahid Hasyim, Prof Dr H Mahmutarom SH MH, juga berpesan, agar lulusan senantiasa menerapkan nilai-nilai Ahlus sunnah wal jamaah, yang merupakan karakter khas Unwahas.

Riyan-Sol