blank

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang kembali menyampaikan informasi terkait data covid-19 di wilayahnya melalui Juru bicara Tutuko Raharjo dalam konferensi pers (konpers) di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Selasa Sore (21/7/2020).

Dalam konpers itu disampaikan terdapat enam warga masyarakat yang positif terpapar covid-19 sesuai hasil pemeriksaan laboratorium.

“Hari ini kami melaporkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium baik di RSUD Dr M Ashari maupun RSN Diponegoro Semarang, terdapat enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Jubir Tutuko.

Menurut Tutuko, enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu terbagi dalam tiga kelompok, diantaranya yakni cluster Sokawangi, cluster Asemdoyong, dan para pelaku perjalanan.

Dalam cluster sokawangi terdapat dua orang yang positif terpapar covid-19, keduanya yakni perempuan berinisial I (29) dan K (51). Kemudian cluster Asemdoyong juga menambah dua orang yang positif terpapar covid-19, keduanya yakni perempuan berinisial MK (25) dan NM (7).

Tutuko menuturkan, Keempat orang tersebut memiliki kontak erat dengan pasien positif terpapar covid-19. “Empat orang yang saya sebut di depan semuanya memiliki kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif covid-19,” tutur Tutuko.

Kelompok terakhir yakni pelaku perjalanan, dalam kelompok ini terdapat dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni HA (27) Laki-laki asal comal yang memiliki riwayat perjalanan baru saja pulang dari luar daerah di Provinsi Jawa Timur beberapa hari lalu.

Kemudian MS (62) asal Rawalumbu Bekasi, domisili keluarganya di Kecamatan Pemalang, diketahui yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan pulang dari Bekasi dua minggu yang lalu.

Saat ini keenam warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu ada yang menjalani isolasi mandiri dirumah dan ada yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Selain bertambahnya pasien terpapar Covid-19, dalam Konpers itu juga disampaikan adanya 1 pasien yang sembuh setelah sebelumnya terpapar Covid-19, yang bersangkutan yakni Perempuan inisial A (53) asal Kecamatan Ulujami.

Turut serta mendampingi pada konpers sore hari itu Kepala BPBD Pemalang, Wahadi dan Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Suyanto, Direktur RSUD Dr M Ashari Sunardo Budi Santoso, serta Sekdin Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Mardiyanto.

Dengan diperbaruinya data covid-19 Pemalang itu, maka update data covid-19 Pemalang saat ini yaitu total positif sejauh ini 73 orang, dirawat 31, sembuh 39, dan meninggal 3.

Eriko GD