blank
Sebanyak 254 perwira remaja TNI AD  dari Akademi Militer saat mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah Prasetya Perwira secara virtual di Stadion Sapta Marga Kompleks Akademi Militer Magelang, sedangkan Presiden RI Joko Widodo secara simbolis melantik dan mengambil sumpah di Istana Negara Jakarta. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 457 calon perwira remaja yang terdiri atas 97 dari Akademi Angkatan Laut, 106 dari Akademi Angkatan Udara dan 254 dari Akademi Militer serta 293 dari Akademi Kepolisian RI dilantik dan diambil sumpah oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah Prasetya Perwira tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, empat  orang  perwakilan dari masing-masing akademi tersebut diambil dan dilantik secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Selasa (14/7).

Sedangkan lainnya mengikuti upacara pelantikan dan pengambilan sumpah secara virtual di masing- masing akademi. Yakni, di Akademi Militer Magelang bagi calon perwira remaja TNI Angkatan Darat, kemudian di Akademi Angkatan Laut Surabaya, Akademi Angkatan Udara Yogyakarta dan Akademi Kepolisian RI di Semarang.

Keempat perwakilan yang dilantik di Istana Negara tersebut  merupakan lulusan terbaik dari masing-masing akademi dan meraih penghargaan Adhi Makayasa. Mereka yakni, Letnan dua (Letda)  Angga Andhika Yudha (Akmil), Letda Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Letda Juanda Siregar (AAU), dan  Inspektur dua ( Ipda) Ivan Pradipta Mahadika (Akpol).

Di Akademi Militer Magelang, Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachmandalam laporannya menyampaikan  para perwira remaja ini telah siap untuk mendarma baktikan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia.
“Semoga mereka diberi kekuatan, keselamatan, dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas untuk bangsa dan negara,” katanya.
Gubernur Akmil berpesan kepada para lulusan Akmil untuk memegang tiga kunci pokok bila ingin berhasil dalam menjalankan tugasnya sebagia perwira remaja TNI. Yakni, lupakan masa lalu lakukan yang terbaik hari ini,  masa depan merupakan an cita-cita yang harus di perjuangkan. Dan jangan pernah putus asa.

Yon-trs