blank
Tim gabungan penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19, saat melaksanakan kegiatan di depan SPBU Desa Kangkung, Mranggen. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Dalam upaya menekan tingginya kasus penyebaran covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Demak, melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan, di wilayah Kecamatan Mranggen, Selasa (14/7/2020).

Orientasi sasaran kegiatan ini yakni, kepada warga yang melintas di jalan raya Desa Kangkung. Sedangkan tim gabungan yang bertugas terdiri dari TGC Dinkominfo, Disnakerin, Satpol PP, Satgas Kecamatan Mranggen, Satgas Desa Kangkung dan dibantu tim pengawasan protokol kesehatan dari Koramil dan Polsek Mranggen.

Mengambil lokasi penertiban di depan SPBU Desa Kangkung, petugas menghentikan para pengguna lalu lintas baik motor maupun mobil, bila kedapatan tidak mengenakan masker.

BACA JUGA : Kapolres Wonogiri Serahkan Bantuan Sembako untuk Para Pekerja Parekraf Terdampak Corona

Kapolsek Mranggen AKP Moh Sapin, yang turut mendampingi dalam kegiatan itu menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 ini.

”Saya sangat mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan seperti ini. Kami dari Polri dan TNI, merupakan bagian dari pengawas protokol kesehatan covid-19,” kata Kapolsek.

Menurut dia, di wilayah Mranggen masih banyak masyarakat yang belum menyadari arti pentingnnya protokol kesehatan covid-19, karena masih banyak dijumpai pengendara yang melintas, atau pun warga yang beraktivitas di luar rumah tanpa memakai masker.

blank
Bagi warga yang melintas tanpa bermasker, akan diberhentikan untuk diedukasi dan kemudian diberi masker gratis
. Foto: rudy

Masker Gratis
”Dan karena hal itu, dalam daftar sebaran covid-19 pada situs corona.demakab.go.id, Mranggen tergolong tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Tim TGC Dinkominfo Rudyanto menyampaikan, kegiatan ini lebih bersifat persuasif dan humanis, dengan mengedepankan edukasi pada masyarakat.

Mereka yang kedapatan tanpa memakai masker akan diberhentikan, dan kemudian diberikan pengertian, akan pentingnya protokol kesehatan.

”Petugas juga memberikan masker gratis bagi yang tidak menggunakan saat itu. Untuk hari ini, tim gugus tugas membagikan 500 masker gratis. Kegiatan ini akan berkelanjutan, selama satu bulan ini dengan lokasi yang berbeda-beda,” tukas dia.

Rudy-Riyan