blank
Mewakili Bupati Pacitan, Wakil Bupati Yudi Sumbogo (berdiri di podium), menyampaikan informasi terkini penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Pacitan.(Foto:Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Pacitan, Jatim, dilaporkan ada tambahan satu lagi warga yang positif corona. Dengan demikian, jumlah yang positif corona kini sebanyak 35 orang. Perinciannya, sebanyak 13 orang sembuh, satu meninggal dan sisanya masih dalam perawatan.

Bupati Pacitan melalui Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kamis malam (9/7), mengungkapan hal itu saat menyampaikan keterangan pers kepada awak media di Pendapa Kabupaten Pacitan. Yang bersangkutan, ungkap Wakil Bupati Yudi Sumbogo, adalah seorang wanita, warga Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, dan masih dalam satu klaster lokal.

Saat menyampaikan informasi tentang adanya tambahan baru warga yang terkonfirmasi positif corona tersebut, Wakil Bupati didampingi Dandim 0801 dan Kapolres serta Anggota Satuan GTPP yang lain.

blank
Satuan Gugus selalu melakukan update data Covid-19 Kabupaten Pacitan, Jatim. Tersaji secara rinci dengan masing-masing kategori statusnya.

Satu Divisi
Menurut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, yang bersangkutan adalah karyawati perusahaan, yang masih satu divisi kerja dengan 4 orang pasien perempuan rekannya, yang sebelumnya telah lebih dulu dinyatakan positif Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, satuan gugus tugas akan melakukan upaya lebih lanjut, dan berharap masyarakat tanpa terkecuali untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan corona. Termasuk disiplin dalam memakai masker utamanya di tempat-tempat umum.

Tim Humas Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, mengabarkan, untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona, telah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Pacitan bernomor: 56 Tahun 2020. Yakni tentang aturan perlunya mamtauhi protokol kesehatan bagi masyarakat dalam rangka pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-9 di Kabupaten Pacitan.

Ada Sanksinya
Juru Bicara Satuan GTPP Covid-19 Kabupaten Pacitan, Rachmad Dwiyanto, menyatakan, masyarakat tidak boleh lupa untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan corona, karena bila mengabaikannya akan ada sanksinya.

blank
Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo (berdiri di podium), menyampaikan informasi ada tambahan kasus baru positif corona di Kabupaten Pacitan. Yang bersangkutan adalah klaster lokal Sudimoro.(Foto:Humas Pacitan)

Untuk data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Pacitan, menunjukkan grafik peningkatan yang signifikan. Bulan April 2020 ada 4 orang yang positif, yang itu kemudian meningkat menjadi 10 orang di Bulan Mei 2020. Pada Bulan Juni 2020 ada 10 orang, dan memasuki awal Juli ini meningkat menjadi 11 orang.

Total kasus positif di Kabupaten Pacitan, saat ini sebanyak 35 kasus. Perinciannya, sebanyak 13 orang sembuh, satu meninggal dan 21 masih dalam perawatan. Untuk klaster lokal yang masih menunggu hasil swab, kini menjalani isolasi di salah satu hotel di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Bambang Pur