blank
SIM GRATIS: Salah seorang warga Kabupaten Blora, saat menerima SIM gratis dari Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan SIK. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora, memberikan SIM gratis kepada 30 masyarakat Kabupaten Blora. SIM gratis itu diberikan kepada masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli, dan sudah mempunyai KTP.

Ada pun rinciannya adalah, 25 SIM perpanjangan dan lima SIM baru. Tentunya SIM itu tidak diberikan begitu saja, namun harus memenuhi syarat dan ketentuan serta lulus dalam ujian.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK mengungkapkan. pemberian SIM gratis ini sebagai bentuk syukur, serta upaya mendekatkan diri pada masyarakat.

BACA JUGA : Pertamina EP Kembali Dinobatkan sebagai Best of The Best

”Polri memberikan fasilitas SIM khusus bagi warga yang lahir pada 1 Juli, dan tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” ucap Kapolres.

Penyerahan SIM dilakukan Kapolres Blora bersama Pimpinan Cabang BRI Blora Mohammad Noval Toriqi selaku sponsor, dengan didampingi Kasatlantas AKP Dodiawan SH SIK, di Gedung Satpas SIM, di Jalan Agil Kusumodiyo, Blora, kepada lima perwakilan warga.

”Pendaftaran kami buka pada 23-30 Juni lalu. Pelayanan pembuatan SIM pada 29-30 Juni. Mereka yang memperoleh SIM A dan SIM C telah memenuhi syarat, antara lain sehat jasmani yang dibuktikan dengan keterangan dokter yang ditunjuk, sehat rohani dibuktikan keterangan dari psikolog yang ditunjuk Polri, lulus ujian teori AVIS dan praktik, serta berusia minimal 17 tahun,” jelas Kapolres Blora.

Dalam pembuatan SIM, ada biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak PNBP), yang harus disetorkan. ”Warga yang memperoleh SIM khusus Hari Bhayangkara ini, sebenarnya tidak gratis, karena biaya PNBP ditanggung sponsor, yaitu Bank BRI Cabang Blora,” lanjut Kapolres.

blank
FOTO BERSAMA: Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK, berfoto bersama beberapa warga yang mendapatkan SIM gratis. Foto: wahono

Beri Contoh
Teguh Julianto (24), warga Kelurahan Jepon RT 01/06, salah satu penerima SIM A gratis, mengaku senang dan bangga, karena telah memiliki SIM apalagi tanggal lahirnya sama dengan Hari Bhayangkara.

”Saya tahu program SIM gratis dari medsos. Saya daftar langsung di kantor Satlantas, kemudian mengurus surat keterangan sehat dan tes psikologi,” jelas Teguh.

Kepada penerima SIM Kapolres berpesan, mereka harus bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Yaitu dengan memberikan contoh dan mengajak masyarakat sekitar baik keluarga, teman maupun tetangga, untuk disiplin dalam berlalulintas.

Wahono-Riyan