blank
TERIMA DONASI: Arief Sudaryanto saat menerima donasi dari hasil Konser Amal Peduli Jateng, di ruang studio-E Radio, Dinkominfo Kota Semarang, dari perwakikan Congrock-17, disaksikan Walikota Semarang Hendar Prihadi. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Demak atau Dekade, menerima bantuan sebesar Rp 13 juta. Bantuan itu diserahkan pihak perwakilan Grup Congrock selaku panitia, di Studio E-Radio, Dinas Kominfo Kota Semarang, Jumat (19/6/2020) lalu.

Bantuan diterima langsung Ketua Dekade Kabupaten Demak Arief Sudaryanto. Donasi terkumpul berkat penyelenggaraan Konser Amal Peduli Jateng secara Daring. Dari dana yang terkumpul itu, didonasikan kepada dewan kesenian yang ada di Demak, Kota Semarang, dan beberapa kabupaten lainnya.

Saat dihubungi di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020), Arief mengatakan, bantuan itu diperuntukkan bagi para pelaku seni di Kabupaten Demak, untuk menggelar kesenian atau pertunjukan seni.

BACA JUGA : Menteri Pertanian Jadikan Kabupaten Cilacap Lumbung Pangan

”Bantuan itu tidak diteruskan secara langsung kepada pelaku seni berupa barang maupun nominal uang, namun dialokasikan pada pergelaran seni atau pertunjukan seni, dengan berkolaborasi antar-seniman,” terang Arief.

Ditambahkan dia, bantuan seperti ini sangat berarti bagi para pelaku seni di masa pandemi covid-19. Banyak pelaku seni yang vakum tanpa ada job pertunjukan, sehinga menimbulkan kesulitan ekonomi pada seniman Demak.

blank
Walikota Semarang Hendrar Prihadi berfoto bersama dengan Arief Sudaryanto (kanan). Foto: rudy

Sembako
”Bantuan ini sangat berarti bagi para seniman. Sebab dapat membantu kelangsungan pertunjukan seni, dan menghidupkan kembali kesenian yang berhenti akibat wabah Nasional ini, meskipun dilakukan secara daring atau online,” imbuhnya.

Menurut Arief, terbentuknya Dekade salah satunya untuk mewadahi para pekerja seni atau seniman, untuk tetap berkarya. Sebab, mereka bekerja dengan seni untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

”Kami berterima kasih pada Congrock-17 dan Pemkot Semarang, yang telah mensponsori konser amal ini, sehingga terkumpul banyak donasi. Saya berharap kepada pemerintah daerah untuk juga bisa membantu, meskipun hanya sembako,” pungkasnya.

Rudy-Riyan