blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat melepas santri ke PP API Tegalrejo Magelang di Gerbang Wisata Mandala. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebanyak 261 santri Pondok Pesantren (PP) Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, asal Wonosobo, Senin (22/6), dilepas pemberangkatannya oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo.

Pelepasan santri dilakukan di Gerbang Wisata Mandala komplek bTerminal Bus setempat. Mereka diantar oleh orang tua santri dan beberapa alumnus santri PP API Tegalrejo Magelang.

Para santri kembali lagi ke PP untuk mengaji setelah selama 3 bulan berada di rumah masing-masing karena ada kebijakan physical dan social distancing.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyampaikan para santri setelah dipulangkan oleh PP API Tegalrejo karena pandemi Covid-19, sekarang sudah mulai berangkat lagi untuk menimba ilmu agama di Tegalrejo.

Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo menambahkan, rombongan santri diberangkatkan dengan 7 bus menuju PP API Tegalrejo Magelang.

“Rombongan yang berjumlah 261 santri, berangkat menggunakan 7 bus difasilitasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Mudah-mudahan semua santri dalam keadaan sehat wal afiat,” harapnya.

Cek Kesehatan

blank
Para santri asal Wonosobo antri menunggu giliran diberangkatkan ke PP API Tegalrejo Magelang. Foto : SB/Muharno Zarka

Para santri juga sudah dipastikan kesehatannya, agar bisa diterima di PP API Tegalrejo sesuai dengan maklumat yang ada. Sebelum diberangkatkan semua santri telah diperiksa kesehatannya oleh tim medis.

“Ini sudah menjadi komitmen Pemda Wonosobo dalam melakukan pendampingan kepada para santri, baik santri yang berada di pesantren di Wonosobo maupun santri di luar Wonosobo,” jelasnya.

Eko Purnomo berharap kepada para santri agar dalam proses pembelajaran di PP API Tegalrejo selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

“Selalu jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan dalam keseharian, seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, istirahat yang cukup,” tambahnya.

Eko juga berpesan, jaga nama baik Wonosobo dengan mentaati peraturan yang ditetapkan di PP API Tegalrejo dan semoga para santri akan memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi agama dan bangsa. Ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di masyarakat.

Kepala Bagian Kesra Setda Wonosobo, Isnanto, menambahkan para santri yang diberangkatkan hari ini ke PP API Tegalrejo telah memenuhi protokol kesehatan dan maklumat PP API Tegalrejo Magelang.

“Seperti penggunaan masker, membawa Surat Keterangan sudah melaksanakan karantina mandiri yang ditandatangani Kepala Desa dan Surat Keterangan sehat dari Puskesmas di Wonosobo,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu