blank
Anggota Komisi IV DPR-RI, Hamid Noor Yasin (berpeci) bersama pejabat Kementerian Kelautan Perikanan, melakukan safari program nasional Gemarikan di Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Safari program nasional Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan), Senin (22/6), dilaksanakan oleh Anggota DPR RI Komisi IV Drs Hamid Noor Yasin MM. Kegiatan ini, dilakukan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, bertempat di Kantor Disnakperla Kabupaten  Wonogiri.

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Usaha dan Investasi Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Dr Catur Sarwanto SPt, Msi, dan Plt Kabid Usaha Pengembangan Komoditas Propinsi Jawa Tengah, Kurniawan Prayoga SPi, MM, Kepala Disnakperla Kabupaten Wonogiri Ir Sutardi MMA beserta staf dan sejumlah penerima bantuan program gemar ikan nasional.

Acara pelaksanaan program Gemarikan ini, digelar dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Yakni dengan menyediakan fasilitas cuci tangan memakai sabun dan hand sanitizer, serta pengaturan untuk jaga jarak.

blank
Safari program nasional Gemarikan, digelar di aula Kantor Disnakperla Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan oleh Kementerian Perikanan bersama Anggota DPR-RI Hamid Noor Yasin.


Potensi Perikanan

Anggota Komisi IV DPR-RI, Hamid Noor Yasin, menyatakan, sangat mendukung program-program yang berkaitan dengan bidang perikanan dan kelautan untuk wilayah Jawa Tengah dan khususnya Kabupaten Wonogiri. Mengingat Kabupaten Wonogiri, memiliki potensi perikanan air tawar dari perairan Waduk Gajahmungkur.

Kata Hamid, melalui gerakan Gemarikan, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran terhadap kiat perbaikan asupan gizi warga masyarakat, baik secara individu maupun kolektif. ”Gerakan Gemarikan, perlu dikampanyekan secara terus menurus,” tandasnya.

Sebab dengan mengonsumsi produk ikan yang aman, sehat dan halal, itu akan memperbaiki kualitas kecerdasan anak bangsa. Ikan, dikenal sebagai salah satu sumber protein yang murah, dengan segala potensi pemilikan nilai keunggulan, dibandingkan dengan sumber protein dari daging.

Manfaat Kesehatan
Hamid, legislator DPR-RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jateng (Wonogiri, Karanganyar dan Sragen), menyatakan, ikan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Menjadi sumber protein dan kalsium, yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan anak, dapat mengurangi resiko bayi lahir prematur, dan dapat mengurangi depresi.

blank
Bersamaan dengan safari program nasional Gemarikan, Anggota DPR-RI Hamid Noor Yasin (kanan), menyerahkan bantuan kepada peserta.


Ikan bermanfaat mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes, dapat mencegah resiko penyakit jantung, stroke dan darah tinggi. Juga mencegah rematik dan meningkatkan imunitas tubuh. Menjauhkan kepikunan dan penuaan dini, mengurangi resiko asma, serta menjadi sumber omega-3 untuk kesehatan mata.

Melalui gerakan Gemarikan, diharapkan masyarakat bisa mengetahui bahwa produk-produk ikan mempunyai nilai gizi yang tinggi, dan sangat baik untuk dikonsumsi. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, program gemar ikan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Utamanya dalam menopang melemahnya daya beli masyarakat, karena dampak menurunnya kemampuan ekonomi yang terjadi saat ini. Diharapkan, program gerakan Gemarikan, dapat terus dilaksanakan secara kontinyu, dengan luasan penerima manfaatnya semakin ditambah. ”Agar semakin banyak masyarakat yang paham akan manfaat makan ikan beserta produk-produk olahannya,” tegas Hamid.

Bambang Pur