blank
SIMULASI: Owabong kini telah beroperasi dengan protokol kesehatan, meski masih bersifat simulasi. Foto: antara

PURBALINGGA (SUARABARU.ID)- Dengan pemberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat, Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga, Sabtu (20/6/2020) sudah mulai beroperasi, dan dibuka untuk wisatawan.

”Sejak Sabtu (20/6/2020), Owabong sudah beroperasi dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, sesuai standar keamanan berwisata dalam rangka normal baru,” kata Direktur Owabong, Hartono, melalui Humas Owabong Bambang Adi, di Purbalingga, Minggu (21/6/2020).

Dia menyatakan, pembukaan ini masih bersifat simulasi, dan hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu. ”Sementara ini kami belum beroperasi secara penuh, dan hanya dibuka pada Sabtu dan Minggu, dengan membatasi jumlah wisatawan yang masuk,” imbuhnya.

BACA JUGA : Pasien Covid-19 di RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo Terlama Dirawat 61 Hari

Ditambahkan dia, pada Sabtu (20/6) kemarin tercatat ada 150 pengunjung yang masuk ke Owabong. ”Sabtu hari ini kami juga kembali beroperasi, dan hingga siang sudah terlihat ada beberapa pengunjung yang datang,” ungkap Bambang lagi.

Disebutkan pula, pihaknya akan mulai beroperasi secara penuh, apabila telah ada arahan lebih lanjut dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Selalu Siaga
Sebelumnya, dia juga menjelaskan, di pintu masuk Owabong ada petugas yang selalu siaga, untuk mengukur suhu tubuh pengunjung yang datang. ”Petugas dan pengunjung juga diwajibkan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak fisik, satu sama lain,” katanya.

Para pengunjung juga diwajibkan cuci tangan di lokasi yang sudah disediakan, sebelum memasuki area objek wisata. Pengelola juga secara rutin membersihkan berbagai area, dengan cairan disinfektan.

”Kami juga sudah menempatkan berbagai papan informasi, terkait covid-19, guna sosialisasi. Sekaligus mengingatkan pengunjung mengenai pentingnya protokol kesehatan. Kami juga telah menyiapkan fasilitas cuci tangan di berbagai titik di dalam area objek wisata,” tukas dia.

Ant-Riyan