Polres Wonogiri menggelar Operasi Multi Sasaran (OMS) malam hari. Yakni melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang lewat pada menjelang tengah malam.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Christian Tobing, menggelar Operasi Multi Sasaran (OMS) malam hari secara serentak di semua distrik. Yakni di Distrik Purwantoro, Wonogiri Kota, Baturetno dan Jatisrono.

Paur Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Aipda Iwan Sumarsono, Senin (8/6), menyatakan, OMS dilaksankan sampai menjelang tengah malam. Petugas memeriksa semua kendaraan yang lewat, dengan target sasaran merazia keberadaan senjata api (senpi), senjata tajam (sajam), narkoba dan miras.

Melalui OMS, sekaligus untuk mengantisipasi tindak pidana pencurian, baik pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Di Distrik Purwantoro, OMS dipimpin oleh Kanit Sabhara Polsek Kismantoro, Ipda Budiyanto dengan jumlah personel sebanyak 11 orang. Mereka datang dari Polsek Purwantoro, Slogohimo, Bulukerto dan Puhpelem masing-masing dua personel dan dari Polsek Kismantoro sebanyak 3 personel.

Sebelum melaksanakan OMS serentak menjelang tengah malam, para petugas kepolisian Wonogiri, melakukan apel dan memanjatkan doa bersama.

Barang Berbahaya
Hasil kegiatan dalam OMS memeriksa 8 sepeda motor, 7 kendaraan roda empat, dan 3 mobil penumpang, 4 truk dan pikap. Kepada 10 pelanggar lalu-lintas, diberikan imbauan dan pesan-pesan Kamtibmas. Tidak ditemukan adanya barang berbahaya atau tindak kejahatan maupun kasus kriminalitas.

OMS di Distrik Wonogiri Kota, dipimpin oleh Kanit Reskrim Iptu Samhadi, dengan melakukan cegatan razia di depan Polsek Selogiri. Jumlah personel sebanyak 13 anggota. Terdiri atas 5 personel Polsek Selogiri bersama masing-masing dua personel dari Polsek Wonogiri Kota, Polsek Wuryantoro, Polsek Ngadirojo, dan Polsek Nguntoronadi.
Sebelum melaksanakan OMS, terlebih dahulu dilakukan apel pasukan di halaman Mapolsek Selogiri.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan patroli Ke sejumlah objek vital (obvit) di sekitar wilayah hukum Polsek Selogiri dan juga melakukan patroli perbatasan Wonogiri-Sukoharjo, kemudian dilanjutkan dengan patroli di wilayah masing-masing sektor.

Personel yang melaksanakan OMS, menghentikan semua kendaraan yang lewat menjelang tengah malam. Untuk diperiksa kelengkapan surat-suratnya dan barang bawaannya.

Personil Koramil
Di Distrik Baturetno, pelaksanaan OMS dipimpin Ka SPKT 1 Polsek Giriwoyo Aipda Ari Grandis, dengan melakukan kegiatan di Polsek Giriwoyo, berkekuatan 14 personel. Tediri atas 4 anggota Polsek Giriwoyo, bersama masing-masing dua personel dari Koramil Giriwoyo, Polsek Baturetno, Polsek Batuwarno, Polsek Tirtomoyo dan Polsek Karangtengah.

Hasil OMS telah memeriksa 12 sepeda motor, 6 kendaraan roda empat, 4 mobil penumpang dan 2 truk dan pikap. Hasil OMS mendapati adanya 7 pelanggaran lalu-lintas, dan diberikan imbauan serta disampaikan pesan-pesan pentingnya menjaga Kamtibmas. kepada para pengendara diimbau memakai masker dan membawa kelengkapan surat-surat. Tidak ditemukan adanya barang berbahaya atau tindak kejahatan maupun kasus kriminalitas.

Pelaksanaan OMS di Distrik Jatisrono, dipimpin Kapolsek Girimarto AKP Sutrisno, bersama 11 personil. Masing-masing dua personel dari Polsek Jatisrono, Polsek Jatipurno, Polsek Jatiroto dan Polsek Sidoharjo, serta tiga personel dari Polsek Girimarto.

Peleton Siaga
Hasil OMS memeriksa 5 kendaraan roda empat dan 12 sepeda motor. Tidka ditemukan barang-barang berbahaya dan kepada para pengendara sepeda motor diimbau untuk mengenakan masker.

OMS digelar menjelang tengah malam. Petugas yang siaga di tepi jalan, siap melakukan pemeriksaan kepada kendaraan yang lewat.

Sementara itu, jajaran Polres Wonogiri menggelar patroli peleton siaga dipimpin oleh Perwira Pengawas Iptu Yatmo dan Iptu Parji beserta Danton Ipda Pudiyono dan Wadanton Ipda Sutarto, dengan jumlah 31 personel.

Patroli dibagi menjadi dua unit, dengan sasaran wilayah Kota Wonogiri sampai ke Kecamatan Selogiri. Termasuk merondai sejumlah objek vital (Obvit) dan tempat-tempat strategis serta pemukiman penduduk. Selama patroli berlangsung disampaikan imbauan kepada masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini