blank
Sebagai upaya mengamankan ketersediaan darah di PMI dalam masa pandemi covid-19 ini, Kodim 0705 Magelang bekerjasama dengan PMI Kota Magelang mengadakan kegiatan donor darah . foto: Suarabaru.Id/ Yon

MAGELANG,(SUARABARU.ID)- Sebagai upaya mengamankan ketersediaan darah di PMI dalam masa pandemic Covid-19 ini, Kodim 0705 Magelang bekerjasama dengan PMI Kota Magelang mengadakan kegiatan donor darah  yang dilaksanakan di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Rabu (4/6).

“Kegiatan donor darah yang dilakukan di lingkungan Kodim 0705/ Magelang ini merupakan kegiatan kedua kalinya di masa pandemi covid-19. Sebelumnya April lalu juga telah dilakukan kegiatan serupa,” kata Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto.

Anto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya jajaran Kodim 0705/ Magelang kepada masyarakat yang membutuhkan,utamanya kebutuhan akan tranfusi darah.

Menurutnya, kegiatan tersebut  juga  untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi persediaan  darah. Mengingat, saat ini persedian darah di unit tranfusi darah PMI Kota Magelang masih sangat terbatas.

“Diharapkan dengan darah yang didonorkan ini sumbangkan bisa menyelamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Kepala Unit  tranfusi darah PMI Kota Magelang, dr Bramantyo Angga Kesumat mengapresisasi kegiatan donor darah yang digelar di Kodim 0705/Magelang.  “Aksi donor darah ini sangat membantu untuk mempertahankan stok darah di PMI Kota Magelang tetap aman, sehingga bisa memenuhi kebutuhan darah di  Magelang dan daerah sekitarnya,” kata Bramantyo.

Ia menambahkan, di tengah pandemi seperti saat ini membuat minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya menurun drastis. Menurutnya, persediaan darah yang ada di PMI Kota Magelang Kamis ( 4/6) yakni, darah golongan A tersedia delapan kantong, B 35 kantong , O 19 kantong dan AB sebanyak 13 kantong.

Yon-trs