TANPA MASKER - Sejumlah warga yang berada di Pasar Pagi Kota Tegal mengabaikan penggunaan masker. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Memasuki hari ketiga Normal Baru Kota Tegal, sejak mulai dicanangkan pada Sabtu (30/5) masih ada beberapa warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Pantauan SUARABARU.ID, bertepatan dengan Hari Kesaķtian Pancasila Senin (1/6/2020) dari beberapa lokasi keramaian dan tempat perbelanjaan, lokasi Pasar Pagi Kota Tegal merupakan paling banyak dijumpai warga yang tidak memakai masker.

Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi ditemui Sabtu (1/6/2020) menyampaikan, memang kemarin saat hari minggu dijumpai masih ada warga yang tidak memakai masker tapi setelah ditanya mereka bukan warga Kota Tegal, seperti pedagang mereka rata-rata dari Kabupaten sekitar yang mereka merasa bahwa masuk ke Kota Tegal sudah aman karena sudah zona hijau.

Artinya mereka berfikir sudah zona hijau, ya sudah bebas makanya kita kasih pengertian. Silahkan warga lain masuk Kota Tegal, walaupun sudah zona hijau tapi harus pakai masker karena itu sudah suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar.

“Mereka yang masih melanggar tetap kita imbau, kita beri pengertian bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. Protokol kesehatan wajib kita terapkan. Pandemi Covid-19 di Kota Tegal belum selesai. Status zona hijau Kota Tegal, bukan berarti kita sudah bebas dari pandemi,” kata Jumadi.

Jumadi mengingatkan, baik warga pendatang maupun warga Kota Tegal yang sudah bahu-membahu meraih zona hijau agar dipertahankan, jangan sampai kendor, tetap semangat agar Kota Tegal tetap menjadi zona hijau. Pada era normal baru ini agar berusaha menggerakan ekonomi yang kemarin mati suri.

“Sekarang momentumnya antara kesehatan dan ekonomi bersinergi, berkolaborasi agar bisa bergerak roda ekokomi, roda kehidupan di Kota Tegal,” kata Jumadi.

Jumadi mengingatkan, bahwa untuk mewujudkan budaya hidup sehat, TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dilibatkan saling bahu-membahu, sinergi, bekerjasama untuk menjaga dan mengingatkan masyarakat tentang perlunya budaya hidup sehat.

“TNI-Polri menjaga agar masyarakat warga Kota Tegal yang datang ke Kota Tegal agar disiplin terhadap protokol kesehatan, menjaga dan sadar betul bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir artinya, walaupun sudah zona hijau, sudah new normal tapi kita harus tetap kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pandemi Covid-19,” tutup Jumadi.

Nino Moebi