blank
Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara dr M. Fahruddin.

JEPARA(SUARABARU.ID) –  Seorang bocah   usia 10 tahun dinyatakan positif terpapar covid – 19 setelah dilakukan Test Cepat Molekuler di RSUD RA Kartini Jepara. Anak yang tinggal   di wilayah Pecangaan ini  adalah salah satu cucu  pasangan  K dan Ny S, pasien covid-19 dari Gedangan, Welahan.

Cucu pasangan K dan Ny S, ini masuk dalam daftar 11 orang terlacak oleh GTPP melakukan  kontak erat  dengan  kakek dan neneknya. Sehingga oleh GTPP Jepara ia  dimasukkan dalam daftar orang yang harus dilakukan pemeriksaan swab.

“Ternyata setelah dilakukan      pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) melalui  Test Cepat Molekuler (TCM) di RSUD RA Kartini ia positif terpapar covid-19,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19, dr M. Fahruddin kepada media Jum’at ( 29/5-2020) pagi . Saat ini baik K, Ny S dan cucunya masih dirawat dengan isolasi mandiri dirumahnya dengan pengawasan satgas kecamatan dan desa.

Berdasarkan catatan SUARABARU.ID, ada  sejumlah orang yang terlacak memiliki kontak erat dengan pasien positif covid 19. Pasien K dan Ny. S memiliki 11 orang yang terlacak melakukan kontak erat di ring I dan 16 orang di ring dua. Untuk ring 2 akan dilakukan rapid test.

Dijelaskan oleh M. Fahruddin, mulai semalam tim kecamatan dan desa sudah melakukan koordinasi.  Hari ini akan dilakukan pelacakan orang-orang yag melakukan kontak erat jarak dekat dengan  cucu K dan Ny. S,  baik pada ring 1 atau keluarga inti maupun ring 2.

“Mereka yang ditemukan kontak erat jarak dekat akan dilakukan karantina mandiri dengan pengawasan tim desa dan kecamatan disamping akan dilakukan swab,.” tambah M. Fahruddin

Dengan ditemukanya kasus baru ini, jumlah orang di Jepara yang terjangkit  covid-19 adalah 7 orang. Mereka adalah pasangan suami istri K dan Ny S warga Gedangan Welahan, M. (46 th) laki-laki warga Teluk Wetan, M ( 26 th) laki-laki dari Moryolobo pedagang  di Pasar Kobong Semarang, serta S ( 56 th) laki-laki petani tambak dari Kedung serta cucu K dan Ny S.

Rapid Test Masal

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP)  Covid-19 Jepara berusaha keras untuk mengerem laju penyebaran  virus corona di Jepara yang dalam satu minggu terakhir melonjak tajam.Sebab dalam 4 hari terakhir ditemukan 7  kasus baru covid-19 hingga jumlah akumulatif menjadi 12 kasus.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostik  Test (RDT)   agresif masif.  Hari ini GTPP akan mulai melakukan pemeriksaan rapid tes terhadap 1.200 orang minggu ini di 16 kecamatan. Sebanyak 800 RDT pengadaan APBD dan 400 RDT donasi dari seorang warga yang peduli.

Hadepe / Ulil Abshor

blank

blank

blank

blank

blank

blank

blank