blank
Sebastian Vettel

LONDON (SUARABARU.ID) – Sebastian Vettel akan meninggalkan Scuderia Ferrari pada akhir musim Formula 1 (F1) 2020. Perdebatan mengenai masa depannya terus bergulir. Ada dua kemungkinan, terus membalap atau pensiun.

Musim depan, posisi Vettel digantikan Carlos Sainz Jr yang kini membalap untuk McLaren. Sementara tempat Charles Leclerc tak akan tersentuh. Leclerc diproyeksikan sebagai pembalap utama pabrikan asal Italia itu.

Pada usia 32 tahun, Vettel diragukan bisa kembali menjadi juara dunia, prestasi yang terakhir dia raih pada 2013. Bisa jadi dia malah memilih mengundurkan diri dari dunia jet darat tersebut. Pasalnya, saat ini tim-tim besar sudah memiliki jagoannya.

Tim Mercedes masih mengandalkan Lewis Hamilton, sang juara bertahan. Red Bull Racing sudah punya Max Verstappen. Tim Haas, yang juga menggunakan mesin Ferrari, sempat dikaitkan dengan pembalap asal Jerman tersebut.

Namun, bos tim asal Amerika Serikat (AS) itu, Gunther Steiner, membantah. “Saya tak mampu membayar dia (Vettel),” ungkap Steiner kepada Sky Sports. “Sebastian, dengan statusnya sebagai juara dunia empat kali, saya tak yakin dia mau membalap untuk tim kelas menengah lagi. Jika kamu punya karier yang sukses, kamu jelas tak mau mengambil risiko,” jelasnya.

Selain Haas, Vettel dikaitkan dengan Renault yang sedang mencari pengganti Daniel Ricciardo yang akan hengkang ke McLaren musim depan. Namun, belum ada kepastian apa pun soal ini. F1 2020 belum bergulir karena pandemi Covid-19. Kabarnya, musim balapan tahun ini akan dimulai pada Juli nanti. (rr)