blank
Andy Robertson/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Liga Primer Inggris diplot bergulir lagi pada 17 Juni 2020. Sejumlah jadwal sudah disusun. Premier League dan klub-klub peserta telah menyepakati tanggal untuk melanjutkan kompetisi musim 2019-2020 pada rapat Kamis (28/5).

Kendati begitu, tanggal tersebut masih tentatif tergantung pada pemenuhan persyaratan kesehatan karena pertandingan digelar di tengah pandemi virus korona. Menurut rencana, pertandingan perdana setelah restart adalah Manchester City menghadapi Arsenal dan Aston Villa kontra Sheffield United. Setelah itu, baru semua klub bisa bermain sesuai jadwal sebenarnya, yakni di pekan ke-29 pada 20 Juni.

Sisa 92 partai akan dimainkan di stadion tertutup alias tanpa penonton dan bakal disiarkan secara langsung oleh seluruh pemegang hak siar. Dengan Inggris memasuki musim panas pada Juni, ada kekhawatiran faktor cuaca panas akan membuat para pemain cepat kelelahan. Karena itu, Premier League bakal membuat jadwal yang memudahkan para pemain.

Dalam pada itu, Liverpool kemungkinan tak bisa merayakan gelar juara Premiership musim ini bersama suporter mereka. Namun, bek kiri Andy Robertson tak ambil pusing soal hal tersebut. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum tuntas, sisa partai Premier League musim ini tak boleh dihadiri penonton.

Itu artinya, pendukung The Reds hanya bisa melihat dari televisi kalau tim kesayangan mereka resmi menjadi kampiun. ”Yerpenting jadi juara dulu. Perayaan bisa dilakukan kemudian saat situasi sudah aman untuk berkumpul ramai-ramai,” tutur Robertson kepada Sky Sports. “Sekarang kami fokus dulu ke lapangan. Kami perlu meraih kemenangan untuk mendapatkan trofi juara,” tandasnya.

Si Merah hanya butuh enam poin tambahan untuk memastikan diri sebagai yang terbaik. Itu akan menjadi titel mereka sejak 1990. Untuk jadwal, laga kemungkinan dipadatkan selama sepekan. Setiap hari bakal ada pertandingan. (rr)