blank

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Tiga orang pekerja penggali sumur terkena gas beracun, Senin 18 Mei 2020. Salah satu di antaranya dikabarkan.meninggal dunia.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto mengatakan, dugaan keracunan gas itu terjadi di Dusun Janan, RT 03,  RW 04, Desa/Kecamatan  Borobudur, Kabupaten Magelang. Kejadiannya Senin 18 Mei 2020 pukul 13.40. Korban diduga keracunan gas.

Tiga orang yang menjadi korban adalah warga Dusun Bojong, Kelurahan Mendut. Masing-masing Tohir  meninggal dunia. Selain itu Sriyanto sampai beberapa saat belum sadarkan diri. Lalu Muh Kholil dalam keadaan selamat.

Dijelaskan, semula tiga orang itu berupaya menguras sumur di rumah salah seorang warga di Dusun Janan, Desa/Kecamatan Borobudur. Awalnya Sriyanto berada di dalam sumur. Ternyata dia menghirup gas beracun dari mesin diesel yang digunakan untuk memompa air. Akibatnya dia tidak sadarkan diri di dalam sumur.

Tahu kejadian itu kemudian Tohir berniat untuk menolong korban yang tidak sadarkan diri. Dia pun masuk ke sumur. Akan tetapi dia juga menghirup gas beracun tersebut. Setelah melihat kedua rekannya tidak sadarkan diri di dalam sumur,  Muh Kholil pun mencoba menyelamatkan kedua rekannya. Namun hanya Sriyanto yang dapat diselamatkan dan dirujuk ke RSU Muntilan.

Sedangkan satu rekannya sempat sulit ditolong karena medan atau tempatnya yang susah. Padahal masih ada gas beracun di dalam sumur. Salah satu warga pun melaporkan kejadian tersebut ke Satpol PP dan PK. Tak lama.kemudian petugas  Satpol PP & PK yang dibantu warga dan relawan mengevakuasi korban yang masih di dalam sumur tersebut.Akan tetapi saat dievakuasi korban Tohir sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Eko Priyono-trs