blank
Giuseppe Conte/dok

ROMA (SUARABARU.ID) – Tanda kembali berputarnya Liga Italia kian jelas. Klub-klub Seri A boleh melakoni latihan tim mulai Senin (18/5). Terhitung 18 Mei, Italia akan memasuki pelonggaran lockdown fase kedua. Sejumlah fasilitas di Negeri Spaghetti itu bakal kembali dibuka. Termasuk membolehkan tim sepak bola berlatih lagi.

“Mulai 18 Mei, toko-toko, salon, penata rambut, bar, restoran, pub, museum dan latihan sepak bola akan dilanjutkan. Namun, semua wajib menghormati aturan dan otoritas regional setempat memastikan norma-norma tersebut dipatuhi. Per 25 Mei, kami siap membuka kembali gym, kolam renang, dan pusat olahraga,” ujar Perdana Menteri (PM) Italia Giuseppe Conte.

Sebelumnya, klub-klub Seri A sudah membuka faslitas latihan mereka sejak dua pekan lalu, tapi para pemain masih diharuskan berlatih sendiri-sendiri. Dengan adanya pengumuman itu, para peserta Seri A punya persiapan lebih dari tiga minggu, jika mengacu rencana melanjutkan kompetisi mulai 13 Juni.

Meski demikian, Conte belum bisa memastikan liga akan bergulir pada tanggal itu. Masih ada beberapa hal yang perlu disepakati dengan Seri A selaku operator kompetisi. “Sebelum melanjutkan musim 2019-2020, kami masih perlu beberapa jaminan lagi, dan saat berbicara pada Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora, kami belum punya itu saat ini. Semoga hal tersebut bisa didapat secepatnya,” paparnya. (rr)