blank
Erling Haaland/dok

DORTMUND (SUARABARU.ID) – Minus kemeriahan suporter, Borussia Dortmund tetap mendominasi saat Liga Primer Jerman (Bundesliga) berputar lagi pada Sabtu (16/5). Dalam Revierderby di Stadion Signal-Iduna Park, Dortmund, Die Borussen membekap Schalke empat gol tanpa balas. Pasukan tuan rumah membuka gol lewat striker muda bertalenta, Erling Haaland, pada menit ke-29.

Raphael Guerreiro menyumbang dua gol. Sebuah gol lagi dicetak Thorgan Hazard. Setelah terhenti dua bulan karena pandemi virus corona, Bundesliga menjadi liga elite Eropa pertama yang kembali melanjutkan musim 2019-2020. Kompetisi berputar lagi dengan mematuhi protokol kesehatan di antaranya tidak ada salaman menjelang laga, perayaan gol dengan menjaga jarak, dan memakai format pergantian lima pemain (biasanya maksimal tiga pemain).

Pelatih Dortmund Lucien Favre mengaku sangat puas dengan performa Mats Hummels dan kolega. Sayang, kemenangan telak itu kurang lengkap tanpa kehadiran fans di stadion. Semua pertandingan memang dimainkan secara tertutup.

Menang 4-0 membuat Dortmund berhasil menyudahi catatan buruk ketika bersua Schalke. Sebelumnya, mereka cuma sekali menang dari delapan pertemuan terdahulu. Tiga poin itu juga menempatkan Die Borussen tetap aman di posisi kedua di belakang Bayern Munich.

“Kuncinya adalah tim bermain kompak baik saat menyerang maupun bertahan. Ini sangat, sangat spesial,” ujar Favre. “Memang tidak ada keriuhan sama sekai di stadion, sangat aneh. Kami begitu merindukan fans kami,” tegasnya.

Kendati dua bulan tak beraksi di lapangan, Hummels dan kawan-kawan seperti tidak kehilangan sentuhan. Mereka trengginas dan terus menekan sejak menit awal. Sementara itu, Haaland kini telah menghasilkan 10 gol dari sembilan penampilan di Bundesliga sejak dibeli dari Red Bull Salzburg pada Januari lalu.

Hanya Gert Dorfel dan Paco Alcacer yang mampu mencapai total gol Haaland, tapi dengan jumlah partai lebih sedikit, yakni delapan. Bukan cuma itu, penyerang asal Norwegia ini jadi pemain Bundesliga kedua setelah Klaus Matischak (Schalke pada musim 1963-1964) yang membuat 13 gol dari 12 laga perdananya. Haaland benar-benar jagoan. (rr)