blank
Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto memberikan paket beras dan santunan kepada pengasong koran. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto bareng dengan Tim PWI Peduli Covid-19 setempat membagikan paket beras, santunan dan masker kepada pengasong koran di Pos Pengamanan Idul Fitri di komplek Taman Plaza.

AKBP Fannky Ani Sugiharto berharap bantuan beras, santunan dan masker bisa memberi manfaat bagi para penjual koran. Meski yang lain libur tidak bekerja di masa wabah Corona, pengasong dan loper koran tetap berjualan.

“Demi keamanan diri saat berjualan koran di pingir jalan dan ruang publik lain, para penjual koran harus senantiasa mengenakan masker. Loper yang mengantar koran sampai ke pelanggan tiap pagi juga wajib bermasker,” pesannya.

Setelah pulang berjualan dan mengantar koran, tambahnya, mereka juga harus selalu cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan menghindari kerumunan. Dengan begitu, para pengasong dan loper koran akan aman dari ancaman penularan dan penyebaran virus Corona.

Rangkaian HPN

blank
Para pengasong dan loper koran diminta tetap menjalankan protokol kesehatan selama melakukan aktifitas. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketua PWI Wonosobo Edy Purnomo menambahkan bantuan beras, santunan dan masker diberikan karena pengasong koran termasuk warga yang ikut terdampak ekonomi akibat pandemi global Covid-19 dan kelompok rentan terpapar virus Corona.

“Sejak ada kebijakan physical dan social distancing, terjadi penurunan penjualan koran sehingga pengasong mengalami pengurangan penghasilan harian. Mereka juga kelompok rentan tertular virus Corona karena selalu berada di ruang publik,” katanya.

Kagiatan PWI Peduli Covid-19, sambungnya, merupakan sinergi antara wartawan dengan jajaran kepolisian di Polres Wonosobo. Dan, bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) serta Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 PWI, yang mestinya berlangsung akhir Maret 2020 lalu.

Usai pemberian bantuan beras dan santunan, Tim PWI Peduli Covid-19 bersama Kasatlantas AKP Putri Noer Cholifah dan Kasat Shabara AKP Agus Priyono bergerak membagikan masker gratis kepada pengguna jalan yang melintas di depan Taman Plaza. Pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor yang tidak bermasker dihentikan untuk diberi masker secara gratis.

Muharno Zarka-Wahyu