blank
Ketua DPC PKB Wonosobo M Albar secara simbolis menyerahkan paket sembako pada warga terdampak pandemi Covid-19.( Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-DPC PKB menyalurkan ribuan paket sembako ke guru ngaji dan kiai kampung di 15 kecamatan yang ada di Wonosobo. Pasalnya, kedua kelompok masyarakat tersebut hingga saat ini banyak yang belum tersentuh bantuan. Baik dari pemerintah maupun perorangan.

“Kita malam ini akan bagikan sebanyak 1.500 paket sembako ke pada para kiai dan guru ngaji di desa-desa. Para kiai dan guru ngaji ini belum tersentuh bantuan,” kata Ketua DPC PKB Wonosobo, Muhamad Albar, Rabu (13/5).

Menurutnya, para kiai dan guru ngaji di desa-desa juga terdampak pandemi virus Corona ini. Lantaran banyak acara keagamaan yang ikut terhenti semenjak ada himbauan dari pemerintah ditiadakan selama masa wabah Corona ini. Sehingga pendapatan mereka juga ikut menurun drastis.

“Para kiai dan guru ngaji di kampung biasanya dianggap mampu dan tidak mendapat bantuan, tetapi adanya wabah Corona juga menghilangkan pendapatan mereka. Sehingga mereka juga harus diperhatikan,” jelasnya.

Ribuan sembako tersebut, katanya, terdiri dari 10 kilogram beras, 2 liter minyak dan 2 kilogram gula pasir. Penyaluran ini akan diberikan pada DPAC PKB di seluruh kecamatan yang ada di Wonosobo.

Sehingga hal itu akan menyentuh langsung pada warga yang benar benar membutuhkan.

“Kita berterimakasih pada DPP PKB yang telah membantu PKB di daerah. Karenanya bantuan ini harus bisa terdistribusikan dengan baik,” lanjutnya.

blank
Ketua DPC PKB Wonosobo, M Albar. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Bantu NU

Menurutnya, hingga saat ini banyak warga yang belum menerima bantuan dari pemerintah. Lantaran data yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga bantuan ini bisa menjadi alternatif ditengah berharapnya warga pada pemerintah.

Padahal sebelumnya DPC PKB Wonosobo sendiri telah menyalurkan bantuan beras sebanyak 3 ton untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) setempat yang terdampak pandemi global Covid-19.

Penyaluran bantuan secara simbolis dilakukan di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ketinggring Wonosobo, Kamis (7/5).

“Beberapa waktu lalu kita juga telah meberikan bantuan beras itu khusus untuk warga nahdliyin di Wonosobo,” terangnya.

Ketua PCNU Wonosobo Arifin Shidiq Alh menyampaikan terima kasih atas kepedulian PKB yang memberikan bantuan beras untuk disalurkan pada warga NU yang terdampak langsung pandemi virus Corona.

Pihaknya mengaku akan segera mentasyarufkan bantuan beras pada warga NU yang membutuhkan di 15 Majelis Wakil Cabang NU (MWC NU). MWC NU di masing-masing Kecamatan akan meneruskan bantuan ke Pengurus Ranting NU (PR NU) di Desa/Dusun yang ada di Wonosobo.

Muharno Zarka/mm