blank
Sebastian Vettel/dok

MARANELLO (SUARABARU.ID) – Berakhir sudah kebersamaan Sebastian Vettel dan Scuderia Ferrari. Vettel bakal meninggalkan Tim Kuda Jingrak pada akhir musim Formula 1 (F1) 2020. “Vettel dan Ferrari berpisah setelah musim 2020 selesai,” demikian pernyataan resmi Ferrari yang dikutip situs resmi F1.

Kepergian Vettel memang sudah diprediksi dalam beberapa pekan terakhir. Pasalnya, pembicaraan kontrak baru pembalap asal Jerman ini dan Ferrari mandek tanpa alasan yang jelas. Media-media Eropa menyebut Vettel menolak perpanjangan kontrak hingga 2024 bersama rekan setimnya, Charles Leclerc.

Oleh juara dunia F1 empat kali itu, Leclerc dianggap sebagai rival setelah performa bagusnya pada musim lalu. Ferrari kini tengah memprioritaskan Leclerc untuk jadi pembalap nomor satu. Karena itu, Vettel memilih pergi dari tim yang sudah diperkuatnya sejak 2014 itu.

Bersama Ferrari, Vettel gagal memenuhi ambisi juara dunia dan harus puas dua kali jadi runner-up di bawah Lewis Hamilton pada 2017 dan 2018. Musim lalu, dia cuma finis kelima dengan satu kemenangan. Vettel punya 14 kemenangan selama lima tahun memperkuat Si Kuda Jingkrak.

Untuk pengganti mantan driver Tim Red Bull tersebut, Ferrari mengincar Carlos Sainz Jr yang kini berseragam McLaren. Carlos bukanlah driver hebat. Namun, pabrikan Italia ini butuh pendamping yang pas buat Leclerc. (rr)