Virgil van Dijk/dok

LIVERPOOL (SUARABARU.ID) – Kehebatan Virgil van Dijk, bek tengah Liverpool, di lini belakang tak usah diragukan lagi. Pemain asal Belanda itu bahkan pernah membuat lawannya kehabisan napas saat menghadapi dirinya. Van Dijk saat ini merupakan salah satu pemain bertahan di dunia.

Dia tampil moncer mengawal barisan pertahan The Reds, dan terpilih menjadi Pemain Terbaik Liga Primer Inggris. Ketangguhan bek 28 tahun itu di sektor pertahanan mulai terlihat ketika dirinya masih berseragam Celtic. Van Dijk membela klub Liga Skotlandia itu pada periode 2013 hingga 2015.

Graham Cummins menjadi salah seorang pemain yang pernah menghadapi Van Dijk di Skotlandia. Kala itu, penyerang asal Irlandia tersebut bermain untuk St Johnstone. Menurut Cummins, Virgil merupakan tipe bek yang bukan hanya kuat dalam bertahan, melainkan juga bagus dalam membangun serangan.

Cummins membagikan cerita kala dirinya pontang-panting dan kehabisan napas saat berduel dengan eks pemain Groningen itu. “Kami diberitahu di ruang ganti untuk menghentikan dia ketimbang dia yang bakal menghentikanmu. Usahakan merebut bola saat dia mendapatkannya, karena dirinya akan berlari di lapangan tanpa merasa terusik,” ungkap Cummins seperti dilansir dari Sport Bible.

“Saat bola pertama, saya mencoba adu lari dengannya dan dia dengan mudah menyingkirkan saya. Saya sampai kehabisan napas dan megap-megap di belakang,” tambahnya.

Selepas bermain untuk Celtica, Van Dijk diboyong Southampton pada 2015. Setelah tiga tahun membela The Saints, dia menerima pinangan Si Merah pada 2017 dan menjadi bintang hingga saat ini. (rr)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini