Kendaraan taktis water canon menyemprotkan cairan disinfektan ke jalur protokol di Kota Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Setelah adanya pasien positif covid-19 yang menjadikan Kecamatan Purwodadi dinyatakan sebagai area zona merah, Polres Grobogan kembali melakukan disinfeksi (menyemprotkan disinfektan). Kali ini, penyemprotan yang dilakukan berskala besar.

Kendaraan taktis dikerahkan dalam penyemprotan ini, yaitu satu unit mobil water canon dan dua unit mobil Satlantas Polres Grobogan. Kegiatan ini dilaksanakan Minggu (3/5/2020). Penyemprotan ini difokuskan di jalan-jalan protokol di Kota Purwodadi. Selain itu, pusat keramaian dan perkampungan juga tidak luput dari adanya penyemprotan ini.

Warga yang melihat adanya penyemprotan tersebut langsung menyingkir ke pinggir jalan atau masuk ke dalam rumah. Mereka berteriak mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Grobogan. “Semprot terus, Pak. Semprot terus sampai corona hilang,” seru seorang warga dari tepi jalan di wilayah Simpang Lima.

Sementara itu, Kapolres AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengungkapkan, pengerahan water canon yang biasa untuk membubarkan unjuk rasa anarkis ini cukup efektif menyemprotkan disinfektan. Termasuk di area yang luas dengan waktu lebih cepat.

“Penyemprotan dengan water canon ini untuk efektivitas waktu. Daya tampungnya juga mencapai 6.000 liter, sehingga cukup menjangkau area yang luas. Sasaran penyemprotan kali ini adalah jalan raya sekitar Kota Purwodadi dan lokasi keramaian,” papar AKBP Ronny.

Selain penyemprotan, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait covid-19. Di antaranya, agar warga mengikuti imbauan pemerintah terkait pembatasan aktivitas diluar rumah atau social distancing.

Selain itu, warga juga diminta melakukan tindakan pencegahan mandiri di rumah dan lingkungan masing-masing.

Hana Eswe-trs.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini