blank
Warga bergantian mendapatkan kartu Sembako Covid-19 di aula Kantor Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pemerintah membagikan Kartu Sembako Covid-19 untuk 65 ribu keluarga penerima manfaat warga Kabupaten dan Kota Magelang. Pembagian kartu sejak Rabu 29 April sampai Rabu 6 Mei mendatang, sedangkan penukaran sembako dijadwalkan mulai bulan depan.

Petugas di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Sugeng Riyanto, menuturkan, program Kartu Sembako Covid-19 itu dari Kementerian Sosial. Pendistribusiannya oleh petugas Bank BNI Cabang Magelang.

Pembagian sembakonya diperkirakan mulai bulan depan melalui E-warung Agen -46 yang dibentuk oleh Dinas Sosial. Selebihnya dijelaskan, keluarga penerima manfaat sebanyak 65 ribu orang yang tersebar  di 21 kecamatan wilayah Kabupaten Magelang dan tiga kecamatan di Kota Magelang. “Kalau di Kecamatan Salaman ini 3.320 keluarga penerima manfaat,” katanya, Jumat 1 Mei.

Setiap keluarga akan menerima bantuan senilai Rp 200 ribu dalam bentuk sembilan bahan pokok (sembako). Setiap paket berisi beras 12 kilogram (kg), telur satu kg, buah jeruk atau apel satu kg, juga ada kacang ijo satu kg. “Jenis buah dan kacang bisa berubah-ubah,” tuturnya.

Penukarannya sebetulnya mulai April sampai Desember 2020. Dengan demikian kalau diuangkan senilai Rp 200 ribu x 9 bulan atau Rp 1,8 juta per keluarga. Dia menambahkan, program tersebut merupakan salah satu jaring pengaman sosial dalam masa covid-19.

Dalam kaitannya dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Penerimanya adalah warga yang sudah masuk DTKS. DTKS adalah wadah keluarga tidak mampu.

“Program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) di Magelang berjalan lancar melalui Bank BNI di tengah merebaknya wabah Virus Corona. Dengan tetap mengedepankan peraturan pemerintah seperti pemakaian  masker, social distancing. Ini dilayani petugas dari Bank BNI dan tenaga pendamping,” imbuh Sugeng Riyanto.

Eko Priyono-trs