blank
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo, dr Mohammad Riyatno. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Gawat dan ngeri. Jumlah warga Wonosobo yang terkonfirmasi positif virus Corona terus bertambah. Jika sebelumnya 23 kini bertambah menjadi 29 orang. Dari 29 warga tersebut 3 orang sudah dinyatakan sembuh atau negatif virus Corona.

“Ada penambahan 6 orang positif virus Corona. Semua berasal dari klaster Gowa Sulawesi Selatan dan luar negeri,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo dr Mohammad Riyatno dalam konferensi pers di Gedung Setda setempat, Senin (28/4).

Menurut dr Mohammad Riyatno, jika sebelumnya warga yang terkorfirmasi positif virus Corona karena kasus impor dari daerah atau negara terjangkit. Kini sudah ada transmisi (penularan) lokal karena ada kontak erat dengan keluarga dengan penderita positif virus Corona.

“Karena itu, warga Wonosobo harus selalu waspada. Ikuti seruan dan himbauan pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan. Selalu jaga jarak antar sesama, kenakan masker jika keluar rumah, rutin cuci tangan dengan sabun dan musti jaga kesehatan serta kebersihan lingkungan,” serunya.

PDP Tambah

blank
Data perkembangan virus Corona di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo. Foto : SM/dok

Sementara itu, tambahnya, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) juga meningkat jadi 2.222 orang dan 1.862 orang sudah menyelesaikan 14 hari masa pemantauan dan tidak menimbulkan gejala klinis virus Corona.

“Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga meningkat dari semula 98 orang bertambah menjadi 104 orang. 20 PDP dinyatakan sembuh, 1 orang dirujuk ke rumah sakit lain, 2 PDP menjalani isolasi mandiri di rumah dan 1 PDP meninggal dunia. 80 PDP kini masih dirawat di RSUD KRT Soetjonegoro, RS PKU Muhammadiyah dan RSI Wonosobo,” bebernya.

Saat ini, masih ada 55 warga lain yang telah melakukan proses swap. 18 orang tinggal menanti informasi, 14 diantaranya merupakan swap baru dan 4 swap lama dengan 2 orang swap follow up (lanjutan) dari pasien terkonfirmasi positif virus Corona sebelumnya.

“Dari 14 hasil swap baru, 6 orang dinyatakan positif virus Corona, 7 orang menunjukan hasil negatif dan 1 orang harus melakukan swap ulang karena hasilnya meragukan. Selain itu, masih ada pula 42 PDP menunggu swap berikutnya. Mudah-mudahan hasilnya negatif semua sehingga tidak menambah kasus warga Wonosobo yang positif virus Corona,” harapnya.

Muharno Zarka-Wahyu