blank
Pemkab bagikan masker di 36 desa dari 12 kecamatan yang rentan penularan Covid-19

DEMAK (SUARABARU.ID)– Pasien Positif Covid-19 di Demak terus bertambah hingga saat ini. Dari 11 orang yang dilaporkan pada jumat pekan lalu, kini bertambah menjadi 14 orang. Dari pantauan situs Corona.demakkab.go.id data terakhir pada Minggu (26/4) pukul 19.00 wib menunjukkan jumlah Orang Dalam Pemantauan ( ODP) 642 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pemantauan ( PDP ) 27 orang dan Positif Covid-19, 14 orang dengan rincian 6 orang perawatan dirumah, 6 orang dirawat Rumah Sakit diluar Demak dan 2 orang dirawat Rumah Sakit Demak. Meskipun Dua pasien positif corona akhirnya meninggal. Yaitu ZA ( 42), warga Kecamatan Demak Kota dan AA (43) warga Kecamatan Karangtengah.

Dengan demikian Status Demak naik menjadi Tanggap Bencana dari sebelumnya status Siaga. Hal ini disampaikan Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Demak dr Singgih Setyono menyampaikan, dengan meninggalnya dua pasien positif covid tersebut, maka status Kabupaten Demak naik level. “Statusnya dari siaga menjadi tanggap bencana,” kata Singgih.

Bagi Masker Upaya Pencegahan

Untuk kesekian kalinya pemkab Demak membagikan masker gratis kepada masyarakat. Pembagian masker pada Senin (27/4) sebanyak kurang lebih 10.000 masker untuk 36 desa dari 12 kecamatan. Sebagai upaya pencegahan virus dimasyarakat yang terus meluas. Secara teknis pembagian melibatkan beberapa tim yang dibentuk dari OPD.

Kabag Perekonomian Edy Suntoro saat menyampaikan pembekalan kepada tim mengatakan, fokus pembagian masker untuk desa desa yang dipilih sebanyak 36 desa sebab memiliki potensi penyebaran Covid-19. Jadi desa tersebut menjadi prioritas pembagian. ” desa desa yang sudah ditentukan lokasinya, termasuk RT/RW yang sudah tercatat sebagai sasaran pembagian memiliki potensi penyebaran. Sehingga perlu diprioritaskan agar tidak menjadi pandemi”. Jelas Edy.

Rombongan Tim dilepas Wakil Bupati Djoko Sutanto dengan mengibaskan bendera star. Turut mendampingi wabup, Sekda Demak Singgih Setyono, Asisten Pemerintahan dan kesra Wahyudi, kasatpol PP Ridhodin. ” Semoga upaya yang kita lakukan selama ini dapat mencegah Penularan Covid-19. Dan semoga masker yang kita bagikan dapat bermanfaat dan demi kebaikan seluruh warga Demak”, kata Wabup Djoko sebelum mengibaskan bendera star.

Rudy