blank
Muhamad Shafrizal FM (kiri) dan Fahmi Prastio Ginanjar (kanan) masing-masing menunjukkan karyanya yang meraih juara III dan menyabet gelar The Best Teamwork tingkat nasional.

SOLO (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Program Pendidikan (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, meraih juara III dan menyabet gelar The Best Teamwork lomba Visual Storytelling (VS) tingkat nasional Tahun 2020.

Demikian dijelaskan oleh Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta,  Asmoro Nurhadi Panindias SSn, MSn. Lomba SV tingkat nasional tersebut, digelar dalam event kompetisi Student at Home Challenge (SHC) oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Setelah melalui seleksi bertahap, baik secara manual dan online, ada delapan karya Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang masuk 20 besar di babak final. Asmoro, menyebutkan, karya dari delapan mahasiswa Prodi DKV FSRD yang berhasil masuk babak final tingkat nasional tersebut, proses pengerjaannya dibimbing oleh dua orang dosen. Yakni Rendya Adi Kurniawan SSn, MSn dan Basnendar Herryprilosadoso SSn, MDs.

blank
Fahmi Prastio Ginanjar, Mahasiswa ISI angkatan 2019, peraih gelar The Best Teamwork tingkat nasional dalam lomba Visual Storytelling.

Seluruh Indonesia
Pada babak penyisihan, karya delapan mahasiswa ISI Surakarta itu unggul dari 281 peserta mahasiswa dari seluruh pelosok Indonesia. Selanjutnya, di babak final meraih juara III dan gelar juara The Best Teamwork.

Lomba ini, diselenggarakan oleh Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center IPB University, yang berada di bawah Sub Direktorat Pengembagan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa-PK). Dikemas dalam ide menarik sebagai kegiatan SHC bertema Living Inside, Thinking Outside.

Prestasi juara III yang dicapai dalam lomba Visual Storytelling ini, dipersembahkan oleh Muhammad Shafrizal F M dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. Kemudian gelar The Best Teamwork antara desainer dengan penulis, atas nama Fahmi Prastio Ginanjar (Prodi DKV FSRD ISI Surakarta) dengan Welas Sri Mulyati (IPB University).

Karya Muhammad Shafrizal FM yang memenangi juara III, berbentuk komik cerita dengan judul ”(Jangan) Terpendam Dalam Pandemi.” Yakni menceritakan kehidupan keluarga yang berpenghasilan dari berjualan sayur, yang terkendala oleh wabah Virus Corona. Ini sebagai hasil karya kisah inspiratif yang ditulis oleh Siti Hajar dari IPB University.

Lima Halaman
Sedangkan karya komik dari Fahmi Prastio Ginanjar yang terdiri dari lima halaman komik dan beberapa panel, di dalamnya berisi seputar keinginan seorang anak yang terlahir dengan kondisi tidak bisa mendengar dan berbicara. Namun mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita sebagai pelukis hebat. Cerita ini, hasil tulisan dari mahasiswa peserta lomba kisah inspiratif atas nama Welas Sri Mulyati dari IPB University.

blank
Mahasiswa ISI Surakarta, Muhamad Shafrizal, peraih juara III tingkat nasional kompetisi Visual Stroytelling.

Dalam lomba bergengsi tingkat nasional tersebut, juara I diraih peserta atas nama Nabila Disafiranti dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Juara II atas nama M Khalid Abdullah dari Universitas Jember.

Asmoro, menyatakan, prestasi yang diraih mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta atas nama Fahmi Prastio Ginanjar dari angkatan 2019, dan  Muhammad Shafrizal F. M dari angkatan 2017 tersebut, sangat membanggakan. ”Baik di tingkat program studi, fakultas, maupun institut, terlebih pada kondisi wabah virus corona yang tengah merebak sekarang ini,” jelasnya.

Prestasi ini menjadi kebanggaan yang diharapkan dapat mengangkat nama Prodi, juga bisa memberi pertanggungjawaban kepada stakeholder bahwa kinerja akademik, khususnya prestasi mahasiswa, dapat terlihat dan memuaskan.

Diharapkan. itu dapat memacu kreativitas dan semangat berkompetisi secara positif antarmahasiswa baik di internal Program Studi Desain Komunikasi Visual, juga kepada mahasiswa di lain prodi dan fakultas di lingkungan ISI Surakarta.

Bambang Pur