blank
Markus Soeder/dok

MUNICH (SUARABARU.ID) – Liga Jerman (Bundesliga) bisa berputar lagi secepatnya pada 9 Mei. Sejumlah politikus mendukung ide untuk kembali menggulirkan kompetisi. Rencana itu sehubungan dengan pencabutan aturan lockdown yang secara perlahan dicabut mulai Senin (20/4).

Melalui aturan itu, toko dan sekolah mulai dibuka meski acara yang mendatangkan massa besar masih dilarang hingga akhir Agustus nanti. Bundesliga dijadwalkan bisa dimulai lagi awal bulan depan dan direncanakan selesai pada Juni. Namun, kompetisi dipastikan digelar secara tertutup alias tanpa penonton.

Kembali digulirkannya kompetisi ditujukan agar klub-klub Jerman bisa mendapat hak siar televisi. Klub-klub memang bergantung pada pemasukan dari hak siar itu. Operator Bundesliga (DFL) telah mengajukan proposal untuk menggulirkan kompetisi lagi.

Proposal itu disambut hangat oleh para politikus. “Prasyaratnya adalah ada konsep yang dipikirkan matang-matang,” tutur Markus Soeder, Presiden Menteri dari Bavaria, kemarin. “Apa yang ditunjukkan DFL memperlihatkan ada langkah perlindungan. Saya bisa membayangkan kami bisa menggelar pertandingan secara tertutup,” tambah ketua Partai Christian Social Union (CSU) Bavaria sejak 2019 ini.

Soeder mengakui ini adalah sebuah situasi yang sulit. Pemerintah harus berhati-hati agar tidak berlebihan atau berlaku sembrono. Menurut dia, pertandingan dengan partisipasi penonton sepenuhnya tidak terpikirkan. Kendati begitu, menggelar laga secara tertutup juga sebuah situasi yang sulit.

“Kompetisi berpotensi dilanjutkan secara tertutup secepatnya pada 9 Mei. Yang jelas, sebuah akhir pekan dengan sepak bola lebih baik ketimbang sebuah akhir pekan tanpa sepak bola,” ujar Soeder. Bundesliga tinggal menyisakan 11 partai menuju akhir musim 2019-2020. Juara bertahan Bayern Munich memimpin klasemen sementara dengan keunggulan empat poin di depan Borussia Dortmund, dan lima angka di atas RB Leipzig. (rr)