blank
Sofa Sofiah
Oleh: Sofa Sofiah

UNIVERSITAS Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) memiliki 11 fakultas unggulan, salah satu di antaranya Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK). Fakultas ini memiliki tiga program studi (S1), yaitu Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Ilmu Komunikasi (Ilkom).

Pada Prodi Ilmu Komunikasi sendiri memiliki dua cabang program studi, broadcasting dan marketing communication. Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan kegiatan penyiaran. Sedangkan marketing communication berkaitan erat dengan proses pemasaran.

Prodi Ilmu Komunikasi telah menorehkan banyak prestasi, terlebih di tahun 2019/2020. Banyak sekali mahasiswa yang memenangi berbagai macam lomba.

Tentunya dengan ini bisa menumbuhkan semangat untuk mahasiswa lain agar jiwa berkompetisinya semakin menggebu. Misalnya tim mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula yang meraih berbagai prestasi gemilang pada festival ajang Insan Kreatif Nusantara yang berlangsung di UGM, 21-23 November 2019.

Mereka berhasil menjadi juara I social media activation (Mumtaza Waskitaning Nisa dan Shafira). Mereka membuat strategi planning dengan menggunakan sosial media (sosmed) untuk membuat gen z berhenti menggunakan single use plastic dan beralih memakai barang reusable dengan membuat digital museum di instagram.

Juara II film fiksi (Pradana Yusuf, Herbian Putra, Dea Najma Delaneira dan Dian Fitri Ramahani ). Film yang mereka buat menceritakan tentang sudut pandang dari sampah yang banyak ditelantarkan manusia, sedangkan di alam dia dikecam sebagai sebagai limbah yang merusak.

Prestasi lainnya berhasil meraih special mention film dokumenter pendek.(Fadhlurrahman Hadi Saputra, Aryo Nur Syafiq, Reynata Krisnawan Dwi Santosa. Menceritakan dua sisi antara keresahan dan berkah akan sampah plastik, terlebih sampah yang mereka buang sendiri.

Miliki Daya Saing

Finalis Unconventional Media (Muhammad Jihan Prasetyo dan Adi Awaludin). Strategy planning dengan menggunakan unconventional media untuk membuat brand semen Gresik menjadi brand yang memiliki citra ramah lingkungan dan menarik di kalangan gen z dan milenial.

Prestasi ini memberi warna tersendiri dimana para mahasiswa Ilkom Unissula menunjukkan daya saingnya dengan berhasil meraih prestasi terhormat meskipun bersaing dengan kontestan dari PTN PTS terbaik level nasional.

Menurut saya menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Saat kuliah di Ilmu Komunikasi Unissula saya banyak sekali belajar. Bahwa ilmu komunikasi sangat identik dengan berkomunikasi dengan banyak orang.

Berawal dari berkomunikasi yang terus menerus saya praktikkan melalui proses pembelajaran di kelas, seperti presentasi, bertanya, menjawab bahkan melalui organisasi lainnya. Di sini lama kelamaan kita bisa terdorong bagaimana berkomunikasi secara baik dan benar.

Harapannya di kemudian hari saya mencoba membangun relasi atau hubungan baik dengan orang lain, dan hasilnya bisa memiliki banyak relasi. Tidak cukup sampai di sini, setelah dapat membangun suatu hubungan yang baik dengan orang lain, kita wajib untuk menjaga hubungan tersebut yang nantinya akan bisa mempererat tali persaudaraan.

Namun, jika kita masih merasa ragu untuk membangun suatu hubungan yang baik terhadap orang lain, bisa mulai belajar dari ranah keluarga terlebih dahulu, dengan tidak merasa malu ataupun minder untuk berkomunikasi sesuka hati dengan tujuan untuk mempererat hubungan.

Selain itu, komunikasi memberikan ruang untuk bisa mengembangkan diri, banyak belajar untuk terus mengembangkan bakat yang saya punya.

Hal menarik lainnya adalah belajar tentang marketing komunikasi, hal ini menarik meski tak semudah yang dibayangkan karena dunia bisnis sungguhlah kompleks. Misalnya untuk hal yang sederhana sekali pun seperti untuk bisa menarik pelanggan agar membeli produk yang kita tawarkan ternyata tak mudah.

Kita harus bisa mempersuasi dan berkomunikasi dengan baik pula, sehingga bisa memasarkan suatu produk menggunakan berbagai macam strategi, dan bisa menganalisis kebutuhan pasar. Semua ini tidak terlepas dari bimbingan dosen yang ada di Ilmu Komunikasi Unissula.

Jangan sampai ketinggalan untuk menjadi bagian dari keluarga commers, karena di sini tempatnya serius sekaligus asyik. Kita dituntut untuk dapat berpikir kreatif serta inovatif. Tidak ketinggalan juga dengan dosen-dosen yang ada di Ilmu Komunikasi Unissula.

Kita bisa mencurahkan pemikiran, meminta pendapat, saran terkait proses pembelajaran selama dalam perkuliahan. Pendeknya: Yuk gabung Ilkom Unissula dan jadilah mutiara dari manapun dan diamana pun kamu berada.

Kelas Nonreguler

Untuk tahun akademik 2020 ini prodi Ilmu Komunikasi Unissula membuka kelas reguler dan nonreguler. Kelas nonreguler tentunya merupakan pilihan yang pas bagi mereka yang ingin tetap mendapat pendidikan berkualitas namun terbentur dengan kesibukan kerja yang padat. Karena pada kelas nonreguler perkuliahan dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu.

Bagi yang tertarik kuliah di Ilmu Komunikasi Unissula dapat mendaftar secara online dan registrasi cukup dari rumah. Pendaftaran secara online dengan mengisi form di website: pmb.unissula.ac.id (jalur raport) atau melalui sekolah mitra: pmb.unissula.ac.id (pendaftaran mitra). Jika masih kurang jelas bisa menghubungi hotline 08122011062.

(Sofa Sofiah, mahasiswi Ilmu Komunikasi Unissula, Semarang)