blank
Perwakilan RSUD dr Soedjati Purwodadi menerima bantuan dari GenPi dan Komunitas Wisata Grobogan, berupa APD untuk tim medis. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Generasi Pariwisata (Genpi) dan Komunitas Wisata Grobogan menyalurkan bantuan sosial berupa alat pelindung diri (APD) di tiga rumah sakit dan lima puskesmas di Kabupaten Grobogan.

Bantuan ini merupakan wujud support kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan virus covid-19. Aksi sosial ini diprakasai Genpi dan Komunitas Wisata Grobogan dengan Pujiyanto, sebagai koordinatornya.

“Untuk rumah sakit yang telah kami bantu yakni RSUD Purwodadi, RSI Purwodadi, dan Rs Habibullah. Sedangkan lima puskesmas, yaitu Puskesmas Kradenan 1 dan 2, Puskesmas Gabus 1 dan 2 serta Puskesmas Wirosari.”

“Penyaluran APD ini kami lakukan berdasarkan permintaan. Jika ada yang meminta, langsung kami eksekusi,” kata pria yang akrab dipanggil Iyant RE ini,  Kamis(9/4/2020).

Sebanyak 150 hazmat, 1000 masker,  900 pasang sarung tangan, 250 face shield, 100 kaca mata google, 20 liter hand sanitizer akan dibagikan kepada tenaga medis di Kabupaten Grobogan.

“Saat ini kegiatan belum selesai. Masih berlanjut ke beberapa puskesmas dan rumah sakit yang membutuhkan. Jumlah APD yang kita salurkan juga akan bertambah,” ujarnya.

Iyant mengungkapkan, pandemi corona harus dihadapi bersama. Tidak terkecuali warga harus memiliki kepedulian termasuk dalam pencegahan virus corona. Untuk pembagian sendiri dilakukan oleh penanggung jawab di masing-masing wilayah.

“Maksimal dua orang dan tetap memperhatikan kesehatan dan jaga jarak sesuai imbauan dari pemerintah” imbuh suami dari Fitria Ayu ini.

Dirinya menambahkan, sampai saat ini ada beberapa puskesmas dan rumah sakit yang telah meminta bantuan APD. Selain membeli, pihaknya juga membuat sendiri APD yang disumbangkan.

“Kebetulan ada teman-teman  dari Grobogan Carnival Centre yang ikut membantu. Kita sediakan bahan untuk membuat face shield, mereka yang membuatnya, ” tambahnya.

blank
Pujiyanto menyerahkan bantuan berupa sarung tangan kepada Puskesmas Wirosari 1 yang diterima Kepala Puskesmas, drg Rendra Mayangsari. Foto : Hana Eswe.

Donasi

Selain menerima donasi dalam bentuk APD,  pihaknya juga menerima donasi dalam bentuk uang. “Kita juga membuat kaos.  Keuntungannya didonasikan untuk membeli APD. Sampai saat ini kita masih menerima donasi,” kata dia.

Salah satu penerima donasi APD ini yaitu Puskesmas Wirosari 1. Iyant menyerahkan bantuan berupa APD yang diterima langsung Kepala Puskesmas Wirosari 1, drg Rendra Mayangsari. Pihaknya mengaku senang adanya perhatian dari dua komunitas tersebut.

“Sekali lagi terima kasih atas perhatian rekan-rekan pariwisata semuanya. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah buat kita semua,” ujar drg Rendra.

Hana Eswe-trs