Pemudik Kota Tegal akan Diperiksa Ketat

1101
0
blank
ANTISIPASI PEMUDIK - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono (kanan) dan Wakil Wali Kota Mohammad Jumadi, memberikan keterangan kepada wartawan terkait antisipasi pemudik.

TEGAL (SUARABARU.ID) Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE MM meminta pemudik yang tiba di Kota Tegal agar diperiksa kesehatan secara ketat baik yang baru saja tiba, maupun yang sudah sampai di rumah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tegal bersama Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi ST MM saat memberikan arahan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid–19, Organisasi Perangkat Daerah, Camat hingga lurah se Kota Tegal, di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, kemarin.

Wali Kota meminta Gugus Tugas Penanggulangan Covid-9 bersama OPD terkait untuk saling mengontrol pemudik yang tiba di Kota Tegal. “Pemudik yang baru tiba harus diperiksa di posko kesehatan, puskesmas atau rumah sakit yang ada di Kota Tegal,” ucapnya.

Karena itu, Wali Kota meminta posko pemeriksaan kesehatan harus siap di fasilitas umum seperti terminal, stasiun, pelabuhan hingga pos perbatasan dengan dilengkapi peralatan memadai yang mendeteksi kesehatan pemudik.

Tidak hanya itu, kepada para lurah, Wali Kota meminta agar dapat memberikan arahan kepada RT dan RW di lingkungan masing-masing dengan menggandeng Babinkamtibmas serta babinsa untuk mendata warga yang baru datang dari perantauan.

Penanggulangan Covid saat ini menurut Wali Kota harus tanggap terhadap kemungkinan terjadi lonjakan pemudik ke Kota Tegal. Wali Kota mengajak segala elemen masyarakat bersama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 serta semua jajaran pemerintahan agar bisa menekan sedini mungkin penyebaran Covid-19.

“Kita harus mengerahkan segala upaya di semua jajaran untuk saling tanggap. Segera melakukan pelaporan kepada gugus tugas agar bisa satu pintu sehingga bisa kita tangani bersama,” tegasnya.

Akbar Budi