blank
Masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya yang kebetulan lewat di depan Toko Besi “Harapan” milik Hendro Prawoto di Jalan Beringin III, Kampung Tidar Krajan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang sedang mengambil cairam desinfektan secara cuma-cuma. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

blankMAGELANG (SUARABARU.ID) – Di tengah merebaknya Virus Corona  di wilayah Kota Magelang, Hendro Prawoto (41) warga Kampung Tidar Krajan, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang melakukan aksi sosial, memberikan cairan desinfektan secara gratis.

Aksi sosial  yang dilakukan sejak sekitar satu minggu terakhir tersebut, sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona yang saat ini sedang merebak. “Aksi sosial ini juga untuk membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Magelang dalam memberantas penyakit Corona virus Diseases (Covid-19) yang saat ini terjadi,” kata Hendro Prawoto, Jumat (27/3).

Aksi yang dilakukan Hendro dalam membagi-bagikan cairan desinfektan tersebut tidak diberikan secara langsung di jalan-jalan dengan melibatkan orang banyak. Melainkan,  cairan desinfektan yang telah dikemas di botol bekas air mineral tersebut, diletakkan di atas meja dan ditempatkan di depan Toko Besi Harapan  miliknya yang ada di Jalan Beringin III, Kecamatan Magelang Selatan.

Setiap harinya, masyarakat yang kebetulan lewat di depan toko miliknya tersebut langsung berhenti sejenak, dan langsung mengambil satu botol cairan tersebut.

“Bagi masyarakat yang ingin mengambil, langsung saya persilahkan ambil sendiri. Karena, saya tidak bisa melayani satu per satu,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam satu harinya dengan dibantu beberapa orang baik karyawan tokonya serta masyarakat setempat bisa mengemas cairan tersebut sebanyak 400 botol bekas air mineral ukuran 600 mililiter.

Adapun formulasi cairan desinfektan buatannya tersebut merupakan bhan-bahan yang mudah didapat di pasaran, seperti larutan pemutih, karbol, pengharum lantai dan air bersih.
“Perbandingannya, yakni 2 sendok makan  larutan pemutih, karbol dan pengharum lantai dicampur dengan 1 liter air bersih,” ujarnya.

Menurutnya, dirinya sengaja memasukkan cairan tersebut ke dalam botol bekas air mineral, agar masyarakat bisa mudah menyemprotkan ke beberapa ruangan di rumahnya masing-masing.

Hal itu dilakukan, karena tidak semua masyarakat memiliki alat penyemprot yang seperti digunakan petugas-petugas dari berbagai instansi. “Bagi masyarakat yang tidak mempunyai alat penyemprot, bisa langsung menggunakan botol cairan tersebut dengan melubangi tutup botol dengan paku atau alat lainnya dan langsung bisa disemprot,” katanya.

Namun, seiring banyaknya masyarakat yang berminat mengambil cairan tersebut, dalam pembuatan tersebut sedikit mengalami kendala untuk mendapatkan botol-botol bekas.

Untuk ke depannya, bila sudah sulit mendapatkan botol bekas tersebut dirinya akan mengupayakan cairan desinfektan tersebut ditempatkan di sebuah bak air penampungan dan diberi keran air. Dan, masyarakat tinggal membuka keran air sambal membawa wadahnya.

Meskipun aksi sosial tersebut tidak dibatasi waktunya, namun Hendro berharap pandemic Virus Corona tersebut segera berakhir dan aktivitas masyarakat Kota Magelang kembali berjalan secara normal kembali.

“Aksi sosial yang saya lakukan ini tidak saya batasi sampai kapan berakhirnya. Tetapi saya hanya berharap pandemic Virus Corona cepat berlalu, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal, “ pungkasnya.

Yon-trs