Bupati: Brebes Masih Negatif Virus Corona

1071
0
blank
PENJELASAN - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti memberikan penjelasan tentang kondisi Brebes terkait wabah Covid-19 kepada Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo.

BREBES (SUARABARU.ID) – Sejak Virus Corona (Covid-19) merebak dan penyebarannya sampai ke Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Brebes sampai saat ini masih negatif terhadap keberadaan virus mematikan tersebut. Salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) pun dinyatakan negatif.

Demikian laporan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti kepada Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, saat Video Conference koordinasi penanganan pandemi Virus Corona di Kantor Setda Brebes, Selasa (17/3).

Idza menambahkan, Pemkab Brebes telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tekait kesiapsiagaan penyebaran virus, di antaranya SE Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) yaitu libur sekolah selama 14 hari, SE Sekda Brebes yaitu meniadakan apel dan fingerprint sementara bagi pegawai, serta SE Bupati berupa imbauan masyarakat sudah diedarkan ke tingkat kecamatan sampai RT dan RW.

“Kami juga menangguhkan kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa, dan gugus tugas sudah dibentuk, yang diketuai Sekda Brebes,” terang Idza.
Untuk rujukan pasien, Idza menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes. Namun 38 Puskesmas juga turut dilibatkan untuk membantu penanganan pasien, bila ada yang terindikasi Covid-19.

“Tempat wisata sudah ditutup, pabrik-pabrik yang ada di Kabupaten Brebes sudah kami beri SE, agar melakukan aktifitas sesuai SOP,” tambah Idza.

Untuk saat ini, lanjut Idza, Pemkab Brebes masih kesulitan alat pelindung diri karena jumlahnya terbatas, ambulance berkapsul belum ada serta alat pengukur suhu masih sedikit.

Menanggapai laporan Bupati, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi masukan, untuk segera dirembuk dengan Dinas Kesehatan dan pihak RSUD, yang selanjutnya bisa dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan akan membantu. “Untuk hal lainnya bisa disampaikan lewat Whatsapp, tetap jaga selalu kesehatan dan kebersihan,” pungkas Ganjar.

Turut hadir Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan serta dinas terkait lainnya. Video Conference yang tersambung dengan 35 bupati dan wali kota se Jawa Tenagah berlangsung dari pukul 09.30 WIB hingga 13.00 WIB.

Didik Yuliyanto