blank
NON TUNAI: Perwakilan Bank Jateng Cabang Sukoharjo, saat memperkenalkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), kepada siswa-siswi SMA Negeri 3 Sukoharjo. Foto: dok/ist

SUKOHARJO (SUARABARU.ID)– Indonesia melalui Bank Indonesia, telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Bank Jateng sebagai salah satu perbankan di Indonesia, juga ikut mendukung program GNNT.

Hal itu dapat terlihat dari tersedianya Ibanking, CMS, system gaji bruto, e-wallet Bima app, dan lainnya. Yang sedang tren saat ini adalah, penggunan e-wallet dan QRIS.

BACA JUGA : MoU Bank Jateng dengan Kelurahan/Kecamatan di Sukoharjo

Berdasakan hal itu, Bank Jateng menyikapi ini dengan baik. Bank Jateng memiliki produk Bima App sebagai e-wallet dan QRen sebagai aplikasi berbasis QRIS. Saat ini, Bank Jateng Cabang Sukoharjo juga berfokus pada edukasi mengenai GNNT kepada generasi
millennial.

Tim Pemasar Bank Jateng Cabang Sukoharjo, belum lama ini melakukan sosialisasi kepada siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo, beserta pengurus kantin sekolah, di aula setempat.

Tim Pemasar Bank Jateng Cabang Sukoharjo yang diwakili Setyo, memperkenalkan Bima
App, yaitu e-wallet milik Bank Jateng kepada siswa yang hadir. Dia juga menyampaikan cara penggunaan Bima App. Selain itu, Setyo juga menyampaikan mengenai aplikasi QRen, yaitu aplikasi pembayaran yang telah berbasis QRIS, sehingga bisa diakses semua e-wallet yang ada di Indonesia.

Bayar Sekolah
”Dengan adanya barcode yang akan dipasang di kantin nanti, kalian bisa menggunakan Bima App, Gopay, OVO, Dana, dan yang lainnya. Lebih praktis, aman, dan cepat,” tambahnya.

Keuntungan lain yang didapat yakni, penjual tidak lagi kebingungan menyiapkan uang kembalian. Siswa-siswa antusias dalam acara sosialisasi ini, karena mayoritas siswa sudah fasih menggunakan e-wallet. Mereka juga mendukung agar program ini berjalan lancar di sekolahnya.

Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 3 Sukoharjo, Sungkana menambahkan, jika pihak sekolah sangat mendukung implementasi kantin non tunai di kantinnya. ”Segala hal yang baik untuk sekolah ini saya dukung. Dengan adanya aplikasi ini, akan mempercepat
transaksi pembayaran di kantin,” imbuhnya.

Dia juga berharap, tidak hanya kantin yang menerapkan pembayaran non tunai, tetapi dalam pembayaran sekolah juga dilakukan secara non tunai. Dan atas saran itu, Bank Jateng Cabang Sukoharjo akan segera menindaklanjutinya, untuk menjadikan
GNNT semakin sukses.

Hery Priyono-Riyan