blank
Rumah milik Pandi warga Dusun Lemah Mendak, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, rusak terkena bencana tanah longsor.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rumah korban tanah longsor terpaksa direlokasi, digeser ke tempat yang lebih aman. Karena pada posisi semula, berpotensi rawan terkena bencana longsor susulan. Sementara itu, bangunan pagar tembok permanen SMP Negeri 2 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan runtuh ke sisi jalan di sebelahnya.

Seperti diberitakan, rumah milik Pandi (45) di Dusun Lemah Mendak RT 1/RW 14, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, rusak terkena bencana tanah longsor. Yakni terkena longsoran bangunan talud penguat tebing pekarangan milik Warino (55), yang ambrol sepanjang 30 Meter dengan tinggi 7 Meter. Bangunan talud tersebut, ambrol dan memicu terjadinya bencana tanah longsor yang berdampak merusak rumah Pandi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Senin (3/2), menyatakan, dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan, rumah Pandi terpkasa direlokasi dengan cara digeser ke posisi yang aman dari ancaman bencana longsor susulan.

blank
Bersama masyarakat dan pamong desa, para relawan siaga bencana, beserta jajaran TNI dan Polri serta Forkompincam Manyaran, Wonogiri, melakukan kerja bakti membantu relokasi rumah korban tanah longsor.


Korban Diungsikan
Untuk sementara ini, Pandi dan keluarganya diungsikan ke rumah familinya. Hari Senin (3/2), dilakukan kerja bakti untuk membantu menyingkirkan material longsoran, dan memulai untuk merelokasi bangunan rumah Pandi ke tempat yang aman.

Kerja bakti dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Wonogiri, bersamaan ketika datang ke lokasi untuk memberikan bantuan logistik kepada korban. Kerja bakti massal ini, melibatkan para relawan siaga bencana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), relawan Desa Tangguh Bencana (Destana), personel TNI dan Polri, jajaran Forkompincam Manyaran, pamong desa dan warga masyarakat.

blank
Bangunan tembok permanen pagar SMP Negeri 2 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, runtuh ke badan jalan di sebelahnya.


Sementara itu, dari Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan kejadian bangunan tembok pagar SMP Negeri 2 Jatiroto mendadak roboh. Volume yang roboh memanjang 18 Meter dengan tinggi 3 Meter. Bangunan tembok pagar permanen tersebut, roboh ke posisi badan jalan. Tidak ada korban jiwa, karena saat roboh kebetulan tidak ada orang yang lewat di ruas jalan tersebut.

Bambang Pur