blank
Wali Kota Sigit Widyonindito senam bersama dengan warga menandai pembukaan event 'Magelang Moncer Serius 2020', (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Pembukaan kegiatan ‘Magelang Moncer Serius 2020’ ditandai dengan senam bersama yang diikuti ribuan warga di Stadion Moch Subroto,  Gelora Sanden, Sabtu (28/12).

Kegiatan itu juga diikuti Wali Kota Sigit Widyonindito bersama keluarga, Wakil Wali Kota Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, Forpimda dan kepala OPD. Semua peserta sangat antusias mengikuti gerakan senam yang dipandu para instruktur.

Peserta juga disuguhi  jajanan tradisional, dan mereka  wajib membawa botol minuman (tumbler) sendiri yang bisa diisi ulang di lokasi. Ini merupakan gerakan nyata mengurangi sampah plastik.

Moncer Serius 2020 (Modern, Cerdas, Sejahtera dan Religius) merupakan program lanjutan dari ‘Ayo Ke Magelang 2015’, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama tinggal di Kota Magelang.

‘’Harapannya Kota Magelang semakin ramai, kita siap jadi tuan rumah yang baik, segala potensi yang ada kita siapkan, infrastruktur, pelayanannya dan sebagainya,’’ kata Sigit.

Sedikitnya ada 50 event yang akan diselenggarakan baik oleh Pemkot Magelang maupun masyarakat, sepanjang tahun 2020. Eventnya menyangkut berbagai bidang mulai dari seni, budaya, olahraga, pertanian, peternakan, pendidikan dan sebagainya.

‘’Rencana awal 40 kegiatan, tapi berkembang 46 dan insy Allah 50 kegiatan tercapai. Saya optimis. Target wisatawan sebanyak-banyaknya, wisatawan lokal maupun luar negeri,’’ ungkapnya.

blank
Wali Kota Sigit Widyonindito memberi sambutan pada pembukaan Magelang Moncer Serius 2020, (Humas Pemkot Magelang)

Tidak hanya itu, lanjut Sigit, Kota Magelang juga ingin menangkap peluang penetapan Candi Borobudur sebagai objek wisata super prioritas oleh pemerintah pusat. Ini menyusul rencana pemerintah pusat yang akan membangun akses jalan atau tol ke Candi Borobudur yang melintas di sekitar Kota Magelang. ‘’Kita ingin jadi kota satelitnya Borobudur. Segala fasilitas ada di Kota Magelang,” katanya.

Pada kesempatan Sigit mengizinkan masyarakat memanfaatkan Stadion Moch Subroto untuk kegiatan olahraga setiap hari Minggu. Namun dengan catatan harus tertib dan tidak merusak fasilitas stadion.

‘’Silakan manfaatkan stadion untuk olahraga, tapi harus tertib, pakai sepatu olahraga agar tidak merusak rumput dan lintasan. Jangan merokok. Kita ingin habis dari sini jadi sehat,’’ tuturnya.

Sekda Joko Budiyono mengemukakan, selain untuk membuka ‘Magelang Moncer Serius 2020’, senam juga untuk mengkampanyekan budaya olahraga dan hidup sehat bagi masyarakat.

Total peserta sekitar 10.000, terdiri aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, karyawan instansi vertikal, BUMN, BUMD, pelajar, perwakilan perguruan tinggi hingga komunitas senam di Kota Magelang.

Joko mengajak seluruh peserta untuk ikut mendukung program Magelang Moncer Serius 2020. (hms)

Editor : Doddy Ardjono