blank
Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Lutfhi (kedua dari kiri) melakukan kunjungan ke Pospam Nataru di Kabupaten Wonogiri. Disambut Kapolres AKBP Cristian Tobing dan Asisten Sekda Teguh Setiyono (ketiga dan keempat dari kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pengamanan Natal 2019 di Kabupaten Wonogiri dilakukan secara all out oleh tiga pilar (Polres, Kodim dan Pemkab) dengan menyertakan pengurus dan anggota Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Juga menurunkan anjing pintar dari Unit K-Nine dan alat metal detector, untuk mengamankan dan mensterilkan gereja yang dipakai kebaktian Natal.

Penamaan K-Nine (9) yang dieja Ca-nine, berasal dari bahasa ilmiah Yunani Canineae familyae. Nama ini, merujuk pada salah satu jenis keluarga serigala, Canis, yang merupakan kelompok binatang buas bergigi tajam yang sanggup memotong daging. Anjing ini, berfungsi untuk melindungi petugas, menyerang musuh, dan mengendus keberadaan manusia serta obat-obatan terlarang atau keberadaan bom dan barang berbahaya lainnya.

Tugas mensterilkan gereja, dengan melibatkan anjing pintar K-9 dan metal detector teknisnya dilakukan personel Sabhara Polres Wonogiri yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Budiyono. Ini sebagaimana dilakukan pada Gereja GSPI, Gereja Yohanes Rasul, Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Jawa (GKJ). ”Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai upaya untuk memberikan jaminan keamanan, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2019 berkaitan dengan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” jelasnya.

blank
Selaku petinggi tiga pilar pengamanan Nataru, Dandim Letkol (inf) Imron Masyhadi, Kapolres AKBP Cristian Tobing dan Kepala Satpol-PP Waluyo (kedua, ketiga, keeempat dari kiri) mengunjungi Gereja Santo Paulus Rasul.


Wakapolda Jateng:
Sebagai petinggi tiga pilar pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing didampingi Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyhadi, dan Kepala Satpol-PP Pemkab Wonogiri, menegaskan, perayaan Natal 2019 di Kabupaten Wonogiri berjalan aman dan kondusif. Secara khusus, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi bersama tim, berkenan mengunjungi Wonogiri, sekaligus melakukan pengecekan ke Pos Keamanan (Pospam) Natal, untuk memberikan pengarahan.

Di Kecamatan Ngadirojo, pengamanan perayaan Natal 2019 dilakukan oleh jajaran Polsek dipimpin Kapolsek AKP Subroto dan Kanit Sabhara Aiptu Agus. Melibatkan para personel Koramil Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri bersama unsur terkait lainnya. Ini dilakukan ketika mengamankan perayaan Natal oleh umt Kristiani di Gereja Santo Tomas Dusun Jlegong, Desa Gemawang, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

blank
Anjing pintar dari Unit K-9 Sabhara Polres Wonogiri, ikut dilibatkan dalam pengamanan dan mensterilkan gereja yang dipakai ibadah kebaktian Natal.

Ibadah kebaktian Natal di Gereja Santo Tomas, dipimpin oleh Romo Tomas Ari Wibowo Pr dari Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul Wonogiri. Mengambil tema ”Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.” Di Gereja Katolik Santa Marta Dusun Dungwinong, Desa Mlokomanis Wetan, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, ibadah Natal 2019 dipimpin oleh umat Romo Dhani Pr dari Gereja Santo Yohanes Rasul Wonogiri. Empat personel Polsek Ngadirojo dan 2 anggota Koramil Ngadirojo dipimpin Kanit Binmas Iptu Askuri, tampil mengamankannya.

Berikut di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, perayaan Natal digelar di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus, di Dusun Sendang, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, dipimpin oleh gembala umat Romo Tinus OCD dari Yogyakarta. Pengamanannya dipimpin Kapolsek Manyaran, Iptu Abu Bakar Sidiq bersama jajarannya dan personel dari Koramil setempat.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, menginstruksikan kepada jajarannya ikut aktif menjaga keamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun baru 2020, dengan membantu Polres Wonogiri. Tujuannya, agar masyarakat yang melakukan aktifitas Nataru memperoleh rasa aman dan nyaman. Terbebaskan dari segala bentuk gangguan termasuk ancaman teror.

Bambang Pur