blank
Safari KB dalam rangka menyongsong peringatan Hari Juang Kartika, digelar di Gedung Puskesmas Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI –  Koramil-11 Manyaran, Koramil-14 Jatisrono dan Koramil-24 Puhpelem, Kodim 0728 Wonogiri, serentak menggelar kegiatan safari Keluarga Berencana (KB) di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Manyaran, Jatisrono dan Puhpelem. Ini dilakukan, dalam rangka menyongsong peringatan Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2019.

Di Kecamatan Manyaran, safari KB dilaksanakan di Puskesmas setempat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kecamatan Manyaran, Drg Evi, Ketua Petugas Lapangan Keluarga Berfencana (PLKB) Ny Wiyati, Anggota Babinsa Koramil-11 Manyaran dipimpin Peltu Catur, para petugas pelayanan KB, beserta para akseptor KB sebanyak 17 orang.

Ketua PLKB Manyaran, Ny Wiyati, menyatakan, para aseptor KB adalah bagian integral dalam program KB nasional. Perannya cukup menonjol dalam rangka mendukung sukses pengendalian pertumbuhan penduduk di Indonesia, untuk mewujudkan pembangunan nasional di Tanah Air. Utamanya dalam menciptakan kesehatan reproduksi, meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kebahagaian keluarga, baik secara spiritual dan sosial.

blank
Babinsa Koramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri, tampil aktif ikut memberikan penyuluhan dalam kegiatan safari KB menyongsong peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2019.

Banyak manfaat yang diperoleh apabila ber-KB, diantaranya menurunkan risiko kehamilan, menurunkan risiko kanker rahim pada wanita, dan tidak mengganggu tumbuh kembang anak. Kepada akseptor, diberikan banyak pilihan penggunaan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi masing-masing ibu.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Perwira Penerangan Kodim (Pendim) Lettu (Inf) Nurhadi, menyatakan, hari H peringatan HJK adalah Tanggal 15 Desember mendatang. Terkait ini, safari KB dalam rangka menyongsong peringatan HJK, dilaksanakan oleh jajaran Koramil bersama Puskesmas dan PLKB.

Tujuan safari KB ini, untuk mendukung suksesnya program keluarga berencana sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah. Suksesnya keluarga berencana, akan mendorong tercapainya peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia.

blank
Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono (kiri) bersama dokter Puskesmas dan Babinsa, memberikan suport dukungan moral kepada akseptor peserta safari KB dalam menyongsong Hari Juang Kartika.

Pelaksanaan safari KB dalam rangka peringatan HJK di Kecamatan Jatorono, digelar di Puskesmas 1 dan Puksemas 2 Jatisrono. Ikut hadir, Ketua PLKB setempat, Sih Waryanto, Danramil 14  jJatisrono yang di wakili Batuud Pelda Suyata, Kepala UPTD Puskesmas Jatisrono, dokter Kristiawan, para Babinsa, petugas pelayanan KB bersama 17 orang akseptor.

Safari KB di Kecamatan Puhpelem, digelar di Puskesmas setempat, dengan mengambil tema ”Babinsa sebagai motor penggerak progam Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).” Turut hadir dalam kegiatan ini Danramil-24 Puhpelem Kapten (Inf) Tono, Kepala Puskesmas Puhpelem dokter Arif, Kepala PLKB, Sularno, Babinsa Koramil 24-Puhplem Pelda Bambang S, Sertu Agus ST, Serda Parjito, Kopka Mulyawan, petugas medis dari Puskesmas Kecamatan Puhpelem, aparat tingkat kecamatan dan desa serta tokoh masyarakat.

suarabaru.id/Bambang Pur