blank
Egy Maulana Vikri/dok

JAKARTA – Setelah mencoret empat pemain, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri kembali memulangkan empat pemain lagi. Keputusan ini diambil lantaran kuota yang tersedia untuk SEA Games 2019 di Filipina hanya 20 pemain. Empat orang yang dicoret adalah Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Gian Zola Nasrullah Nugraha (Persib Bandung), Kadek Agung Widnyana Putra (Bali United), dan Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC).

Sebelumnya, ada empat pemain yang dipulangkan, yakni Hanif Sjahbandi (Arema FC), Alberto Goncalves (Madura United), Muhammad Hambali Tolib (Persela Lamongan), dan Muhammad Rifad Marasabessy (PS Tira Persikabo). ”Pemain yang bertahan dalam tim adalah mereka yang terbaik, dan yang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim. Kini, puzzle saya sudah lengkap dan tersusun rapi. Saya berharap mereka bisa memberikan yang terbaik di SEA Games nanti,” ungkap Indra.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada pada Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam. Indonesia akan menghadapi Thailand dalam laga pertama, 26 November mendatang. Menurut Indra, pertandingan pertama sangat penting. Jika bisa melewati Thailand, langkah berikutnya bakal lebih mudah.

Untuk tampil di SEA Games, Indra sudah mempersiapkan sejak awal tahun ini. Skuad binaan pria asal Padang iti sukses menjuarai turnamen Piala AFF U22. Dalam dua kali uji coba terakhir Nurhidayat Haji Haris dan kolega main imbang serta menang atas Iran. ”Kami harus percaya dan mendukung tim ini. Insyaallah, medali emas bisa kita bawa pulang,” tegas Indra.

Daftara lengkap pemain Timnas U23: Bagas Adi Nugroho (Bhayangkara FC-, Nadeo Arga Winata (Borneo FC), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Nurhidayat Haji Haris (Bhayangkara FC), Zulfiandi (Madura United), Irkham Zahrul Mila (PSS), Dodi Alekvan Djin (Persik), Muhammad Riyandi (Barito Putera), Rachmat Irianto (Persebaya), Feby Eka Putra (Persija), Witan Sulaeman (PSIM), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC), Evan Dimas Darmono (Barito Putera), Muhammad Rafli (Arema FC), Syahrian Abimanyu (Madura United), Saddil Ramdani (Pahang FA), Firza Andika (PSM), Andy Setyo Nugroho (PS TIRA Persikabo), dan Osvaldo Ardiles Haay (Persebaya). (rr)