blank
Indra Sjafri/dok

JAKARTA – Selepas melakoni laga uji coba internasional terakhir melawan Iran, Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri mulai merampingkan skuad. Kemarin, dia memulangkan empat pemain. Dengan pemulangan itu, skuad Garuda Muda yang dipersiapkan ke SEA Games 2019 Filipina masih dihuni 24 pemain.

Keempat pemain yang dipulangkan adalah Hanif Sjahbandi (Arema FC), Alberto Goncalves (Madura United), Muhammad Hambali Tolib (Persela Lamongan), dan Muhammad Rifad Marasabessy (PS Tira Persikabo). Indra menyatakan pada SEA Games nanti setiap tim hanya diperbolehkan membawa 20 pemain. ”Karena itu, secara bertahap kita kurangi jumlahnya. Pemain yang bertahan dalam tim adalah mereka yang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim,” tutur Indra.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam. Indonesia harus menghadapi Thailand pada partai pertama tanggal 26 November. Menurut Indra, pertandingan melawan Thailand sangat penting. Jika bisa melewati mereka, maka langkah berikutnya akan lebih mudah.

Untuk tampil di SEA Games, Indra mempersiapkan tim sejak awal tahun ini. Pada awal tahun, Indonesia sukses menjuarai turnamen Piala AFF U22. Setelah itu mereka tampil pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Pada ajang ini, Indonesia kalah bersaing dari Vietnam dan Thailand. ”Beberapa laga dalam turnamen dan uji coba membantu mematangkan permainan anak-anak. Para pemain bisa merespons permainan lawan dengan baik. Kami harus percaya dan mendukung penuh tim ini,” paparnya. (rr)