blank
Salahudin (suarabaru.id/lbc)

SOLO – Manajemen PT Persis Solo Saestu kembali menunjuk Salahudin sebagai pelatih kepala untuk musim kompetisi 2020. Eks juru racik Persiba Balikpapan dan Madura FC tersebut bergabung dengan Laskar Sambernyawa di tiga pertandingan pamungkas Persis pada fase penyisihan Grup Barat.

“Secara lisan saya kembali ditunjuk menjadi pelatih kepala Persis Solo musim 2020. Kalau secara resmi seperti teken kontrak dan lainnya memang belum,” kata Salahudin kepada Suarabaru.id, melalui sambungan telepon, Kamis (31/10), siang.

Saat ditelepon, Salahudin mengatakan baru saja bertemu jajaran manajemen di Jakarta. Dalam pertemuan dengan manajemen, mantan bek kiri timnas SEA Games 1991 era pelatih Anatoli Polosin tersebut diminta membuat program jangka panjang semusim.

“Saya memaparkan program jangka pendek, menengah, dan panjang Persis Solo musim 2020. Termasuk di dalamnya perekrutan pemain untuk kompetisi mendatang dengan target promosi Liga 1,” terangnya.

blank
Sendri Johansah, Kiper Utama Persis Solo (suarabaru.id/lbc)

Pelatih berusia 49 tahun ini akan mempertahankan 15 pemain lama dan menambah sedikitnya 11 pemain wajah baru dengan kualitas di atas 15 pemain lama. Pemain lama yang dipertahankan tersebut juga nantinya lulus tes medis.

“15 pemain lama yang saya pertahankan sering memang mendapatkan jam bermain di kompetisi kemarin. Namun jika sering bermain tetapi rentan cedera, juga tidak akan saya rekomendasikan untuk direkrut,” tegasnya.

“Saya inginkan tim 2020 lebih komplet, fisik kuat, mental baja, dan pemain petarung. Bisa saja mendatangkan pemain bintang, tetapi pemain bintang yang mau bekerja keras bersama tim, tidak yang manja,” sambungnya.

Laskar Sambernyawa musim ini kembali gagal melaju ke babak delapan besar. Prestasi minor tersebut mengulangi musim lalu yang juga terhenti pada laga pamungkas. Persis di klasemen akhir Grup Timur menempati peringkat kelima, sama dengan posisi musim 2018 saat dilatih Agus Yuwono. (LBC)