blank
Gubenur Ganjar Pranowo dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS berpose bersama dengan para juara lomba karya jurnalistik

SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi kepada para wartawan yang telah mengikuti lomba yang terbagi menjadi empat kategori, masing masing untuk wartawan tulis baik cetak atau online, televisi, radio, dan foto.

Menurut Ganjar dengan adanya tiga tema yang diusung yakni Kelola Sampah Plastik, Hindari Kerusakan Lingkungan, sebagai Daya Ungkit Ekonomi Masyarakat; tema kedua Setahun Kepemimpinan Ganjar-Yasin; dan tema ketiga Desa Wisata dan Pengembangan Ekonomi Pedesaan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, maka masyarakat akan mendapatkan suguhan edukasi yang beragam.

“Lomba ini dapat memberikan nilai obyektifitas dalam memandang dan mengkritisi dinamika pembangunan di Jawa Tengah, jika satu obyek diulas lebih banyak wartawan maka memiliki obyektifitas tinggi”, kata Ganjar, di Semarang Rabu (30/10)

Suarabaru Juara

Lomba karya jurnalistik yang diprakarsai Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah ini diikuti  100 lebih peserta dari kalangan wartawan media cetak, televisi, on line dan foto.   24 wartawan lolos sebagai pemenang dalam berbagai kategori, salah satunya Wartawan Senior yang sekaligus Pemimpin Redaksi Suarabaru.id, Widiyartono Radyan meraih Juara Harapan 1, kategori penulisan wisata dan pengembangan ekonomi pedesaan.

“Kebetulan saya pemerhati wisata jadi itu menarik. yg unik ada akar bakau ukuran 2 cm yg konon bisa jadi penguat stamina. itu yg saya jadikan judul “rahasia salam 2 senti di Mangrovesari” ungkap Widiyartono.

Tulisan itu menurut, Widi, merupakan kisah perjalanan jurnalistiknya  ke desa wisata mangrovesari Brebes. Yang menarik kawasan tambak rusak ituternyata abrasi sampai ke rumah-rumah penduduk.

“ada warga yang peduli didukung pak kades untuk  nanam bakau dan  sukses seperti yang kita lihat Semarang. maka dikembangkan menjadi destinasi wisata dan dikelola dalam konsep desa wisata. Dampaknya  lingkungan tertangani secara baik dan ekonomi warga meningkat”, pungkas Widi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Riena Renaningrum mengungkapkan bagi para pemenang khususnya penerima juara 1 akan mendapat hadiah kunjungan ke Singapura.

Suarabaru.id/Sol